Ranungan Pidato Nabi Saw. Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan! (1)

Bulan Ramadhan Bulan Keberkahan Ilahi

Bulan Ramadhan adalah bulan mulia dan agung. Bulan penuh keberkahan, rahmat dan ampunan. Bulan yang semua amalan akan dilibat-gandakan pahalanya.

Beberapa hari tekakhir bulan Sya’ban sebelum Ramadhan, Nabi saw. berpidato di hadapan para sahabat mengungkap keutamaan dan keistimewaan bulan Allah, bulan tebar rahmat, tebar ampunan dan keberkahan!

Imam Ali Ridha as meriwayatkan dari ayah-ayah suci beliau dari Imam Ali as. dari Nabi saw., bahwa beliau berpidato di hari Jum’at terakhir bulan Sya’ban:

“Wahai sekaian manusia! Sesungguhnya telah menghadap kepada kalian Bulan Allah –Ta’ala- dengan membawa keberkahan, rahmat dan ampunan. Sebuah bulan, di sisi Allah lebih utama dari bulan-bulan lain, hari-harinya paling utamanya hari, malam-malanya paling utamanya malam, dan saat-saatnya paling utamanya saat. Dia adalah bulan di dalamnya kalian diundang menuju jamuan Allah dan kalian di dalamnya dijadikan penerima kemuliaan Allah. Napas-napas kalian dihitung sebagai tasbîh. Tidur kalian ibadah. Amal kalian diterima dan doa kalian diijabahkan. Maka mintalah dari Allah Tuhan kalian dengan niat yang jujur dan hati yang suci agar Allah memberi kalian taufiq untuk berpuasa dan membaca Al Qur’an. Karena sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang tercegah dari ampunan Allah dalam bulan agung ini… “

Demikian diriwayat Al Hurr al ‘Âmili dalam wasâil asy Syî’ah,7/227.

Renungan!

Ramadhan adalah Bulan Keberkahan

Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan. Berkah seperti didefenisikan adalah kebaikan dan manfaat yang berlimpah. Makna tersebut dapat dilihat pada firman Allah: “dan Allah menjadikanku diberkahi di manapaun aku berada.” Yang dimaksud dengan “diberkahi” yang banyak memberi manfaat.

Al Qur’an juga disifati dengan yang diberkati, karena membacanya akan mendatangkan keberkahan dan kebaikan dunia akhirat. Sebagaimana mengamalkannya juga akan membawa kebahagiaan dunia akhirat!

Bulan Ramadhan adalah bulan berkah karena keberkahan turun dari langit untuk penghuni bumi sejak awal bulan hingga akhir. Manfaatnya meliputi segala sesuatu. Kaum fakir miskin mendapat banyak santunan. Kerabat bertemu di bawah naungan kemurahan. Kaum dewasa menghormati kaula muda. Para pelaksana puasa berada di dalam kedamaian.

Keberkahan itu adalah kebaikan iilahi. Keberkahan bulan Ramadhan terasa di sepanjang saatnya.. malam-malam dsan siang-siangnya.

Turunnya Al Qur’an Adalah Bagian Inti keberkahan Bulan Ramadhan

Dan di antara keberkahan tak terhingga bulan Ramadhan adalah diturunkannya kitab suci terkahri dan sekaligus kitab ilahi teragung… pedoman hidup yang akan menghantarkan kepada kedamaian, kebahagian dan kemajuan umat manusia

Semoga Allah meliputi kita dengan keberkahan-Nya! Amin.

About these ads

Satu Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum…ijin copy artikelnya disni.aku lg membuat group trtutup khusus tman2 syi’ah q.di fb.nama groupnya. Kumpulan. Catatan Hakikat Kebenaran.1 hal penghormatan dn ilmu bgi saya jika diperkenankan.trima kash…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: