Pertanyaan Menanti Jawaban Tegas!

Di antara kenyataan yang tidak perlu dipertanyakan kebenarannya adalah Al Qur’an al Karim adalah kitab terakhir yang memuat semua yang dibutuhkan umat manusia menuju kebahagian dunia dan akhirat mereka dan semau yang termuat di dalamnya adalah haq.

Allah berfirman:

وَ الَّذِيْ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ هُوَ الْحَّقُ …(فاطر 31(

“Dan apa yang telah kami wahyukan kepadamu yaitu al-Kitab (Al-qur’an) itulah yang benar, …” (QS:35;31)

Dan Allah SWT juga menegaskan dalam Kitab Suci terakhir-Nya bahwa Ia akan mewariskan Al Qur’an yang maha suci sepeninggal Nabi dan Rasul penutup-Nya kepada hamba-hamba pilihan-Nya; al mushthafaun.

Allah SWT berfirman:

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِيْنَ أصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ ظَالِمُ لِنَفْسِهِ وَ مِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَ مِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيْرُ* جَناتُ عَدْنٍ يَدْخُلُوْنَهَا يُحَلَّوْنَ فِيْهَا مِنْ أَساوِرَ مِنْ ذَهَبٍ و لُؤْلُوءًا و لِباسُهُمْ فِيْهَا حَريْرٌ)  فاطر:32-33(

“Kemudian kitab itu kami wariskan kepada orang-orang yang kami pilih di antara hamba-hamba kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih cepat berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar. (bagi mereka) syurga ‘And, mereka masuk ke dalamnhya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera.” (QS:35;32-33)

Di sini Anda layak bertanya, siapakah hamba-hamba yang Allah pilih untuk mewarsii Kitab Suci terakhirnya agar kita dapat merujuk kepada mereka dalam memahami maksud dari firman suci-Nya jauh dari penyimpangan dan kekeliruan? Syi’ah Menjawab! Jika Anda bertanya kepadaa pengikut setia Ahlulbait Nabi as. (Syi’ah Ja’fariyah Imamiyah Itsna ‘Asyariyah) pasti mereka akan siap dengan jawaban yang mereka nukil dan riwayatkan dari para imam suci mereka. Pribadi-pribadi suci yang Allah pilih sebagai pawaris tungggal Al Kitab (Al Qur’an) dan yang akan mengarungi seluruh kandungannnya adaalah para imam suci dari Ahlulbait Nabi as.

Riwayat tentangnya daapat dibaca dalam berbagai buku standar ulama mereka sebagaimana juga telah diriwayatkan dan dishahihkan ulama Ahlusunnah. Ketika menafsirkan ayat tersebut di atas Imam Ali Al-Ridha as. bersabda:

وُلْدُ فَاطِمَةَ (عَلَيْهَا السَّلاَمُ ( وَ السابِقُ بِالْخَيْرَات: الإِمامُ, وَ المقتصد: الْعَارِفُ بِالإِمامِ وَ الظالم لنفسه: الَّذِيْ لاَ يَعْرِفُ الإِمَامَ . “

“(Orang-orang yang terpilih itu ) adalah anak keturunan Fatimah as., yang dimaksud dengan saabiq bilkhairat adalah imam, yang dimaksud dengan muqtashid adalah yang mengenal imam dan yang zalim kepada dirinya adalah yang tidak mengenal imam.”[1]”

Sayyid Ibnu Thawus dalam kitabnya Sa’du al-Su’ud meriwayatkan dari Imam Bagir as., beliau bersabda kepada Abu Ishaq as Subai’i:

هِيَ لَنَا خَاصَّةً – يَا أَبَا إِسْحَق- أمَّا السِّابِقُ بالخيرات فَعَلِيُّ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ و الحسنُ وَ الْحُسيْنُ و الشَّهِيْدُ مِنَّا ، و أَمَّا المُقْتَصِدُ فَصائِمٌ بالنَّهارِ و قائمٌ باللَّيْلِ، و أَما الظالِمُ لِنَفْسِهِ فَفِيْهِ ما فِيْ الناسِ وَ هُوَ مَغْفُورٌ لَهُ .

“Wahai Abu Ishaq, ayat itu khusus untuk kami, adapun yang dimaksud dengan sabiqun bilkhairat adalah Ali bin Abi Thalib, Hasan dan Husain dan setiap imam dari kami, adapun yang dimaksud dengan muqtashid adalah orang yang melaksanakan puasa di siang hari dan menegakkan shalat di malam hari, sedang yang zalim kepada dirinya adalah orang memiliki dosa seperti manusia lain akan tetapi ia diampuni”.

Sayyid al Allamah Muhammad Husain Thabathaba’i berkata, “Penafsiran bahwa “orang-orang yang dipilih Allah dan diwarisi al-Kitab” adalah anak cucu Nabi saw. dari keturunan Siti Fatimah itu dinukil dari Imam Ja’far dan Imam al-Bagir dengan jalur yang sangat banyak”. Beliau juga menegaskan, “Ketahuilah bahwa riwayat-riwayat dari jalur Syi’ah dari para imam Ahlulbait as. bahwa ayat itu khusus untuk anak cucu Fatimah as. banyak sekali”.[2]

Syeikh Muhammad Hasan al Mudhaffar berkata, “Sesungguhnya dipilihnya seorang sebagai pengemban warisan Al Kitab menunjukkan bahwa ia adalah penjaga dan pemelihara bagi Al-Kitab tersebut, tidak menyia-nyiakan (dengan menyalahi apa yang dikandungnya), baik sengaja maupun karena lupa, dengan demikian ia pasti ma’shum. Dan sahabat-sahabat selain Ali tidak ada yang ma’shum –sebagaimana yang diijma’kan-, maka Ali-lah yang dimaksud dengan ayat itu secara khusus atau beliau dan anak keturunan beliau yang ma’shum, dengan dalil hadis Tsaqalain”.[3]

Seikh ath Thabarsi dalam tafsirnya setelah menyebutkan berbagai pendapat, beliau berkata, “Dan yang diriwayatkan dari Imam al-Bagir dan Imam Shadiq bahwa keduanya bersabda:

هِيَ لَنَا خَاصَّةً وَ إِيَّانَا عَنَى.

Ayat itu khusus untuk kami, dan hanya kami yang dimaksud dengannya.

Kemudian ia menambahkan, “Dan pendapat ini yang paling tepat, sebab mereka (Ahlulbait as.) adalah pribadi-pribadi yang paling berhak mendapat sifat isthifa’ dan pewarisan ilmu para nabi, karena merekalah yang diserahi tugas pemeliharaan Al-qur’an, tugas menerangkan hakikat kandungannya dan mereka-lah yang benar-benar mengetahui seluruh kandungan dan isi Al-qur’an sedetail-detailnya”.[4] “

Lebih lanjut ath Thabarsi menyebutkan beberapa riwayat dari para Imam di antara dari Imam al Bagir as., beliau bersabda:

أَمَّا الظَّالِمُ لِنَفْسِهِ مِنَّا مَنْ عَمِلَ عَمَلاً صَالِحًا وَ آَخَرَ سَيِّئًا، و أَمَّا المُقْتَصِدُ فَهُوَ المُتَعَبِّدُ المُجْتَهِدُ، وَ أَمَّا السابِقُ بالخَيْراتِ فَعَلِيٌّ و الحسنُ و الحسينُ (ع) وَ مَنْ قُتِلَ مِنْ آلِ مُحَمَّدٍ.

“Adapun yang zalim kepada dirinya dari kalangan kami (keturunan Rasulullah saw.) adalah orang berbuat amal baik dan berbuat juga amal keburukan[5], yang muqtashid ialah orang yang bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah, adapun yang sabiq bilkhairat adalah Ali, Hasan dan Husain serta orang yang gugur sebagai shahid dari keluarga Muhammad.”[6]

Kami Menanti Jawaban Ulama Ahlusunnah!

Nah di sini Anda juga berhak bertanya kepada ulama Alusunnah agar menyajikan jawaban yang resmi tentang siapakah hamba-hamba pilihan yang Allah wariskan Al Kitab kepada mereka?

Siapakah hamba-hamba pilihan yang telah mewarisi seluruh kandungan Al Qur’an?

Siapakah hamba-hamba yang pemahaman mereka terhadap ayat-ayat Al Qur’an bukan hasil rabaan dan tebak menebak atau mungkin begini atau begitu?

Siapakah hamba-hamba yang menguasai maksud dari ayat-ayat yang mutasyabihat seperti pemahaman mereka terhadap ayat-ayat muhkamat!

Kami akan menanti jawaban ulama Ahlusunnah melalui forum mulia ini.

——————————————————————————–

[1] Tafsir Mizan,17/49 dari al-Kafi.

[2] Tafsir al Mizan 17/50.

[3] Dalil ash Shidq 2/252

[4] Tafsir Majma’ al Bayân jilid IV, juz. 8 hal. 408.

[5] Ibid.409.

[6] Ibnu Katsir dalam tafsirnya hanya meriwayatkan bagian awal hadis ini saja.

18 Tanggapan

  1. Nih jawabannya:
    Mereka yang terpilih itu, yang mendapatkan warisan Al Qur`an adalah umat Islam. Keterangan lengkapnya, silakan baca tafsir Ibn Katsir, Durr al Mantsur dan tafsir ath Thanthawi berikut ini:

    1-ابن كثير
    قال علي بن أبي طلحة، عن ابن عباس في قوله: { ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا } ، قال: هم أمة محمد صلى الله عليه وسلم وَرَّثهم الله كل كتاب أنزله، فظالمهم يُغْفَر له، ومقتصدهم يحاسب حسابا يسيرا، وسابقهم يدخل الجنة بغير حساب.

    2-الدر المنثور
    وأخرج الطبراني والبيهقي في البعث عن أسامة بن زيد رضي الله عنه { فمنهم ظالم لنفسه ومنهم مقتصد ومنهم سابق بالخيرات } قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « كلهم من هذه الأمة ، وكلهم في الجنة »

    3-تفسير الطنطاوي
    والمعنى : ثم جعلنا هذا القرآن الذى اوحيناه إليك الرسول الكريم – ميراثاً منك لأمتك ، التى اصطفيناها على سائر الأمم ، وجعلناها أمة وسطا . وقد ورثناها هذا الكتاب لتنتفع بهداياته . . وتسترشد بتوجيهاته ، وتعمل بأوامره ونواهيه .
    قال الآلوسى : قوله : { الذين اصطفينا مِنْ عِبَادِنَا } هم – كما قال ابن عباس وغيره – أمة محمد صلى الله عليه وسلم ، فإن الله – تعالى – اصطفاهم على سائر الأمم . .
    وفى التعبير بالاصطفاء ، تنويه بفضل هؤلاء العباد ، وإشارة إلى فضلهم على غيرهم ، كما أن التعبير بالماضى يدل على تحقق هذا الاصطفاء .
    ثم قسم – سبحانه – هؤلاء العباد إلى ثلاثة اقسام فقال : { فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بالخيرات بِإِذُنِ الله . . } .
    وجمهور العلماء على أن هذه الأقسام الثلاثة ، تعد إلى أفراد هذه الأمة الإِسلامية .
    وأن المراد بالظالم لنفسه ، من زادت سيئاته على حسناته .
    وأن المراد بالمقصد : من تساوت حسناته مع سيئاته .
    وأن المراد بالسابقين بالخيرات : من زادت حسناتهم على سيئاتهم .
    وعلى هذا يكون الضمير فى قوله – تعالى – بعد ذلك : { جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا . . . } يعود إلى تلك الأقسام الثلاثة ، لأنهم جميعاً من أهل الجنة بفضل الله ورحمته .
    ومن العلماء من يرى أن المراد بالظالم لنفسه : الكافر ، وعليه يكون الضمير فى قوله : { يَدْخُلُونَهَا } يعود إلى المقتصد والسابق بالخيرات ، وأن هذه الآية نظير قوله – تعالى – فى سورة الواقعة : { وَكُنتُمْ أَزْوَاجاً ثَلاَثَةً فَأَصْحَابُ الميمنة مَآ أَصْحَابُ الميمنة وَأَصْحَابُ المشأمة مَآ أَصْحَابُ المشأمة والسابقون السابقون . . } .
    ومن المفسرين الذين رجحوا القول الأول ابن كثير فقد قال ما ملخصه : يقول – تعالى – ثم جعلنا القائمين بالكتاب العظيم . . . وهم هذه الأمة على ثلاث أقسام : { فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ } وهو المفرط فى بعض الواجبات المرتكب لبعض المحرمات . { وَمِنْهُمْ مُّقْتَصِدٌ } وهو المؤدى للواجبات التارك للمرحمات وقد يترك بعض المستحبات ، ويفعل بعض المكروهات .
    { وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بالخيرات بِإِذُنِ الله } وهو الفاعل للواجبات والمستحبات .
    وقال ابن عباس : هم أمة محمد صلى الله عليه وسلم ورثهم الله – تعالى – كل كتاب أنزله . فظالمهم يغفر له ، ومقتصدهم يحاسب حسابا يسيرا ، وسابقهم يدخل الجنة بغير حساب .
    وفى رواية عنه : السبق بالخيرات يدخل الجنة بغير حساب ، والمقتصد يدخل الجنة برحمة الله – تعالى – ، والظالم لنفسه يدخل الجنة بشفاعة الرسول صلى الله عليه وسلم .
    وفى الحديث الشريف : ” شفاعتى لأهل الكبائر من أمتى ” .
    وقال آخرون : الظالم لنفسه : هو الكافر .
    والصحيح أن الظالم لنفسه من هذه الأمة ، وهذا اختيار ابن جرير كما و ظاهر الآية ، وكا جاءت به الأحاديث عن رسول الله صلى الله عليه وسلم من طرق يشد بعضها بعضاً .
    ثم أورد الإِمام ابن كثير بعد ذلك جملة من الأحاديث منها : ما أخرجه الإِمام أحمد عن أبى سعيد الخدرى عن النبى صلى الله عليه وسلم أنه قال فى هذه الآية : ” هؤلاء كلهم بمنزلة واحدة ، وكلهم فى الجنة ” .
    ومعنى قوله ” بمنزلة واحدة ” أى : فى أنهم من هذه الأمة ، وأنهم من أهل الجنة ، وإن كان بينهم فرق فى المنازل فى الجنة .
    وقال الإِمام ابن جرير : فإن قال لنا قائل : إن قوله { يَدْخُلُونَهَا } إنما عنى به المقتصد والسابق بالخيرات؟
    قيل له : وما برهانك على أن ذلك كذلك من خبر أو عقل؟ فإن قلا : قيام الحجة أن الظالم من هذه الأمة سيدخل النار ، ولم لم يدخل النار من هذه الأصناف الثلاثة أحد ، وجب أن لا يكون لأهل الإِيمان وعيد .
    قيل : إنه ليس فى الآية خبر أنهم لا يدخلون النار ، وإنما فيها إخبار من الله – تعالى – أنهم يدخلون جنات عدن : وجائز أن يدخلها الظالم لنفسه بعد عقوبة الله إياه على ذنوبه التى أصابها فى الدنيا . . ثم يدخلون الجنة بعد ذلك ، فيكون ممن عمه خبر الله – تعالى – بقوله : { جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا } .
    وقال الشوكانى : والظالم لنفسه : هو الذى عمل الصغائر . وقد روى هذا القول عن عمر ، وعثمان ، وابن مسعود ، وأبى الدرداء ، وعائشة . وهذا هو الراجح ، لأن عمل الصغائر لا ينافى الاصطفاء ، ولا يمنع من دخول صاحبه مع الذين يدخلون الجنة يحلون فيها من أساور . . وجه كونه ظالماً لنفسه ، أنها نقصها من الثواب بما فعل من الصغائر المغفورة له ، فإنه لو عمل تلك الصغائر طاعات ، لكان لنفسه فيها من الثواب عظيماً . .
    قالوا : وتقديم الظالم لنفسه على المقتصد وعلى السابق بالخيرات . لا يقتضى تشريفاً ، كما فى قوله – تعالى – { لاَ يستوي أَصْحَابُ النار وَأَصْحَابُ الجنة . . } ولعل السر فى مجئ هذه الأقسام بهذا الترتيب ، أن الظالمين لأنفسهم الأقسام عددا ، ويليهم المقتصدون ، ويليهم السابقون بالخيرات ، كما قال – تعالى – { وَقَلِيلٌ مِّنْ عِبَادِيَ الشكور } وقوله : { بِإِذُنِ الله } أى : بتوفيقه وإرادته وفضله .
    واسم الإِشارة فى قوله : { ذَلِكَ هُوَ الفضل الكبير } يعود إلى ما تقدم من توريث الكتاب ومن الاصطفاء .
    أى : ذلك الذى أعطيناه – أيها الرسول الكريم – لأمتك من الاصطفاء ومن توريهم الكتاب ، هو الفضل الواسع الكبير ، الذى لا يقادر قدره ، ولا يعرف كنهه إلا الله – تعالى – .

    Ibnu Jakfari:

    Akhi syukran atas tanggapannya, akan tetapi sebelum kita lanjutkan diskusinya akan lebih sempurna jika Anda terjemahkan dulku teks kutipan yang anda sebutkan di atas, agar para pembaca memahami dan setelahnya kita diskusikan.

  2. Imam ‘Ali k.w. berkata :
    ” Benturkan sebagian pandangan yang kalian miliki dengan pandangan yang lain, maka akan muncul kebenaran “.

  3. @al Faruq :
    Nih jawabannya:
    Mereka yang terpilih itu, yang mendapatkan warisan Al Qur`an adalah umat Islam.

    Mas maksud ayat itu adalah kepemimpinan umat Islam pasca Nabi Muhammad saw. Ayat yg berbunyi :
    “Kemudian kitab itu kami wariskan kepada orang-orang yang kami pilih di antara hamba-hamba kami….” mengindikasikan hal itu. Kalau ditafsirkan sbg umat islam itu terlalu umum dan ngawur. Umat Islam jelas butuh kepemimpinan. Tapi engga mungkin umat islam dipimpin oleh umat islam lagi. Harus ada figur2 yg pantas yg membimbing dan memimpin umat.

  4. ustdaz al Faruq tolong donk diterjemahin kutipannya biar kita-2 bisa ngerti maksudnya….
    Trus maksudnya piye, apa seluruh umat itu mewarisi al Qur’an (Al Kitab) termasuk saya yang jahil ini? Lalu gimana maksudnya ustadz?
    Apa nggak ada pihak yang ditunjuk secara resmi atau dengan sifat atau paling nggak ya dengan kriteria untuk mewarisi Al Kitab?
    makasih ustadz, tolang dibantu.

  5. dari 29 mei..09
    masih nungguin nih terjemahannya….
    maklum kagak faham ane…
    jgn2 itu koran arab kali yah…
    hehehehe

  6. Sebenarnya jika Alquran itu diwariskan kepada dzuriat Fatimah Az-Zahra bukanlah hal yang aneh. Para Imam keturunan ahlulbait (itrah ahlulbait) adalah manusia-manusia pilihan dengan keutamaan-keutamaan pribadi dan kemuliaan prilakunya. Mereka adalah juga pewaris pengetahuan dari Kota dan Pintunya ilmu. Semuanya bisa dilihat dari hadits tsaqalain dan hadits madinatul ‘ilmu.

    Kata “pewaris” selalu berdampingan dengan “ahli waris” yang memiliki makna khusus tidak umum.

    Salam

  7. telah seabrek artikel syi’ah disini…. he he he.. ternyata tidak ada seorang syi’ahpun yang bisa menterjemahkan bahasa arab….

    Saran saya… belajar dulu mas… baru fahami agama dengan adil… dengan bahasa arab… kita akan mengetahui pendapat para ulama secara langsung… jangan pake copas aje.. he he he

    • Wah ternyata mas Agus & jemaahnya ahli menterjemahkan bahasa Arab….
      Klo begitu terjemahkan dong…..Jangan membual doang….

    • @agus
      mas agus gimana nih kalo ente atau ustad2 salafy/wahabi mendebat Ibnu jakfari dengan berbahasa Arab?
      nah dengan itu kita tahu ente cs yang ahli bahasa arab atau Ibnu jakfari?

      kalo ente nggak beranai debat bahasa arab berarti ente cs yang jahil bahasa arab, atau seperti pepatah bilang tong kosong nyaring bunyinya…!

  8. ya udah ente tanggapi donk cuy. ngoceh wae sia mah.

  9. Ass. faruq dan agus ana orang yang termasuk kaga mengerti bahasa arab, biar diskusinya berkualitas tolong dong diterjemahin, diulas, biar kita-kita tidak tambah tersesat, katanya kalau 2 orang berdebat salah satunya benar atau dua-duanya salah, siapa tahu dua-duanya salah, kita yang bego yang benar, hee, Wallhu a’alam bishshawab, tks. Wassalam

  10. kaum nawashib ini, sejak dahulu aku kuliah, mulai 87, ndak pernah cerdas juga. selalu saja mereproduksi kejahilan demi kejahilan. mulai arogan dengan ilmu bahasa arabnya yang sedikit. kalau sebagian golongan syi’ah di sini tidak menerjemahkan teks Kitab, karena memberikan kesempatan kepada kalian, kaum nawashib ini, untuk unjuk kebolehan.

    kita khawatir, kalau orang-orang syi’ah ini sudah keluar semua ilmunya, ntar kalian pada megap megap.

  11. he…he…

    ustadz ibnu jakfari..

    minta jawaban yang tegas ya…

    OKEY NIH,,,SAYA JUGA MINTA JAWABAN TEGAS,,,,

    KETIKA RASUL BERDAKWAH KE SELURUH NEGERI, ROMAWI, PERSIA, YAMAN, DLL…SIAPAKAH YANG DIUTUS MENJADI DAI….

    JAWAB DENGAN TEGAS YA,,,APAKAH MEREKA SEMUA AHLUL BAIT KETURUNAN ALI RA SAJA, ATAU SEMUA SHAHABAT NABI SAW….

    JAWAB DENGAN TEGAS YA…JAWAB DENGAN TEGAS YA…JAWAB DENGAN TEGAS YA,,,

    itu pertanyaan saya yang membutuhkan jawaban tegas dari para syiah,,,,

    pertanyaan TEGAS selanjutnya akan menyusul insyaALlah,,,tentunya setelah pertanyaan pertama saya dijawab dnegan tegas,,,

    he…he…silahkan…

  12. Sy org awam bru menmukan situs ni. Artikel2nya menarik2.
    Thanx ya.

    @Dody
    pertnyaan nt sbtl-a ga prlu djawab, sbb org2 yg pernh baca sjarah islam pasti dah tau. Tp gpp sy jwab aja ya bhw para da’i yg d utus oleh rasul tu bkn ahlul baet nabi, mrk shahabat2 nabi. Nt masa ga tau sih?
    Udah Tegas tuh.
    Skrg gntian coba nt jwb prtnyaan admin tu.

  13. hehehehe….berarti para shahabat bisa dipercaya dong, ga hanya ahlul bait saja..

    okey sebelum saya jawab saya meminta PERNYATAAN TEGAS DULU…

    silahkan,,,kalau mau diskusi dengan cara yang baik bukan bergaya preman saya okey, karena saya warga negara baik taat hukum…

  14. hehehe… maju terus pa Dody

    saya jadi teringat sahabat besar Nabi SAW, Umar bin Khatab ra,
    yaaa. rupanya anda seperti beliau, berani, cerdas, dan garang. seringkali berkata : APA PERLU SAYA PENGGAL LEHER ORANG INI YA RASUL!!!

    sstt pa Dody(bisik-bisik), tolong kasih tahu saya, musuh islam mana yang pernah dibantai sama Umar bin Khatab ra.? biar klop gitu lho dengan julukannya.

    saya tunggu jawabannya ya
    endak usah TEGAS_TEGAS

  15. saya mau tanya….. apa yang dimaksud dengan “BID’AH”….. (maaf saya hamba Allah yg dhoif….. dan minim pengetahuan agama islam…..) thanks sebelumnya…..

    Ibnu Jakfari:

    Bid’ah adalah perkara yang bukan dari agama namun dimasukkan ke dalam agama dan dianggap bagian darinya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: