Imam Ahmad ibn Hanbal: Yazid Adalah Hamba Terlaknat Dalam Al Qur’an!

Banyak anggapan keliru beredar bahwa ulama Ahlusunnah semuanya memuja Yazid dan membelanya dari semua kejahatan yang ia lakukan terhadap umat Islam secara umum dan Keluarga suci Nabi secara khususnya. Akan tetapi anggapan itu adalah salah, tidak sedikit ulama dan para imam Ahlusunnah yang tegas-tegas mengecam Yazid, bahkan melaknatinya. Hanya kaum nawâshib yang menyelinab di tengah-tengah kaum Sunni sajalah yang berterang-terangan membela Yazid.

Di antara  ulama Sunni yang mengecam dan mengatakan bahwa Yazid adalah hamba terlaknat dalam Al Qur’an dan ia juga melaknati Yazid adalah Imam Ahmad seorang imam besar Ahlusunnah, yang namanya juga sering disebut-sebut oleh kaum Salafy baik yang Nawâshib maupun yang netral!

Di bawah ini akan kami sebutkan penukilan Imam Sibthu Ibn Jauzi yang mengutip sikap Imam Ahmad ibn Hanbal.

Ibnu Jauzi berkata:

Kami berkata, “pengingkarannya (Abdul Mughits)[1] atas orang yang mencela orang tercela dan melaknat orang yang terlaknat (Yazid maksudnya_pen) adalah sebuah kebodohan nyata. Para pembesar ulama di antaranya adalah Imam Ahmad ra. telah memperbolehkannya. Bahkan Imam Ahmad telah menyebut-nyebut tentang Yazid lebih dari sekedar laknatan.

Abu Bakar Muhammad ibn Abdul Bâqi al Bazzâr menyampaikan berita kepada kami dari Ishaq al Barmaki dari Abu Bakar Abdul Aziz ibn Ja’far dari Ahmad ibn Muhammad al Khallâl dari Muhammad ibn Ali dari Muhanna’ ibn Yahya ia berkata, ‘Aku bertanya kepada Ahmad ibn Hanbal tentang Yazid ibn Mu’awiyah, maka ia berkata, “Dialah orang yang berbuat kejahatan terhadap (penduduk) kota suci Madinah.” Aku bertanya, ‘Apa yang dia lakukan?’ Ia menjawab, ‘Merampoknya.’ Aku bertanya lagi, ‘Apakah kita boleh meriwayatkan hadis darinya? Ia menjawab, ‘Tidak! Tidak sepantasnya menukil hadis darinya! Tiada kemuliaan baginya! Dan tidak sepatutnya ada hadis yang ditulis darinya.’ Dan ketika ia ditanya, ‘Siapakah yang bersamanya (membantunya dalam kejahatan itu) ketika ia melakukannya?’ ia menjawab, ‘Penduduk kota Syam.’”

Qadhi Abu Ya’lâ; Muhammad ibn Husain al Farrâ’ menyebutkan dalam kitabnya berjudul al Mu’tamad tentang Ushul Fikih dari Abu Ja’far al ‘Ukbari dari Abu AIi; Husain ibn al Jundi dari Abu Thalib ibn Syihâb al ‘Ukbari, ia berkata, “Aku mendengar Abu Bakar; Muhammad ibn Abbâs berkata, “Aku mendengar Shalah ibn Ahmad ibn Hanbal berkata, “Aku berkata kepada ayahku, “Sesungguhnya ada sekelompok orang menuduh kita berwilayah (menciantai) Yazid! Maka beliau berkata, ‘Hai putraku, adakah seorang Mukmin yang beriman kepada Allah akan mencitai Yazid?! Maka aku berkata, “Mengapakah engkau tidak melaknatinya?” Ia menjawab, “Kapan engkau menyaksikanku melaknati seorang? Mengapakah tidak terlaknat seorang yang telah dilaknat Allah dalam Kitab suci-Nya?” Aku berkata, “Dalam ayat  manakah Allah melaknat Yazid?” Maka beliau membaca ayat:

فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ تَوَلَّيْتُمْ أَنْ تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ وَ تُقَطِّعُوا أَرْحامَكُمْ * أُولئِكَ الَّذينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَ أَعْمى‏ أَبْصارَهُمْ

“Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan * Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka.”

Adakah perusakan yang melebihi dari pembantaian?!

Qadhi Abul Hasan; Muhammad ibn Qadhi Abu Ya’la al Farrâ’ menulis sebuah buku menerangkan siapa saja yang berhak dilaknat/dikutuk. Di dalamnya ia menyebut Yazid sebagai yang layak dilaknat. Ia berkata, “Orang yang melarang melaknati Yazid itu adakalanya orang jahil (yang tidak mengerti) diperbolehkannya hal itu, atau orang munafik yang bermaksud mengelabui kaum awam yang jahil. Dan boleh jadi ia menipu mereka dengan sabda, “Seorang Mukmin itu tidak gemar melaknat.”

Qadhi Abul Hasan berkata, “Hadis itu dimaksudkan pelaknatan atas orang yang tidak berhak dilaknati.”

Semua itu saya nukil dari tulisan tangan Qadhi Abul Hasan dan karangannya.


[1] Seorang ulama bermazhab Hanbali yang mati-matian membela Yazid dan mengecam siapa yang menyalahkan Yazid apalagi mengecam dan melaknatinya. Ia menulis buku kecil mebela Yazid.. Abdul Mughits ini hidup sezaman dengan Sibthu Ibn Jauzi, dan dia pulalah yang memprofokasi kaum awam agar bertindak kasar terhadap Sibthu Ibnu Jauzi. Ibnu Jauzi telah menulis buku bantahan atas buku Abdul Mughits berjuduh ar Radd ‘Ala al Muta’shshib al ‘Anîd al Mâni’ Min La’ni (Dzammi) Yazid (Bantahan ataas si fanatik lagi Penentang Yang Melarang Melaknati (Mencaci) Yazid. Buku Sibthu Ibn Jauzi telah diterbitkan oleh Dâr al Kotob al Ilmiyah. Bairut – Lebanon. Dalam buku itu Sibthu Ibn Jauzi membeberkan semua data kejahatan Yazid dan fatwa Ulama (di antaranya Imam Ahmad ibn Hanbal, imamnya kaum Hanbaliyah termasuk Abdul Mughits sendriri) yang mengecam habis Yazid dan dibolehkannya untuk dilaknat serta dikutuk!

30 Tanggapan

  1. mantap nih, nambah ilmu

    • Yazid Laknat terkutuk…. Seluruh manusia yang masih punya akal dari mazhab apapun dia pasti akan mengutuk perbuatannya….Herannya setelah jelas2 banyak sekali riwayat tentang betapa “bertaqwa”nya si yazid dan ayahnya….masih banyak yang membela mereka dengan membabi buta untuk terus mempertahankan teori doqma “Seluruh Sahabat adalah adil”…. Ada Berjuta alasan mengapa kita harus melaknat Yazid dan hanya ada satu alasan mengapa kita membelanya (yaitu untuk tidak mengubah dongeng seluruh sahabat pasti adil) dan hebatnya banyak dari kalangan para Salafy tidak bisa membedakan antara Salaf mana yang benar2 saleh dan Salaf mana yang benar2 patut dilaknat….
      Nauzubillah…..!!

  2. pak Ibn Jakfari, sy mau tanya, sebenernya penetapan buku hadis buhori muslim itu di sebut Shahih Buhori Muslim oleh siapa sih ?
    apakah oleh buhori muslim sendiri atau oleh org lain?
    Thanxss

    Ibnu Jakfari:

    Kata ulama Sunni sih Bukhari dan Muslim sendiri yang menamainya demikian!

  3. Assalamualaikum

    Perkenalkan, nama saya Reza. Saya sangat tertarik dengan ajaran2 Islam dari sisi Syi’ah.. Banyak sekali pertanyaan di benak saya, dan saya ingin meminta ijin kepada anda, apakah anda bersedia berdialog dengan saya? (walau mungkin nanti kenyataannya anda akan lebih banyak menjawab pertanyaan2 saya🙂

    Saya sangat ingin tahu banyak tentang Syi’ah, dan saya berharap bisa mendapatkan jawaban dari orang yang memang mengerti, mengingat banyaknya kesalah pahaman tentang Syiah.

    Saya telah memasukkan alamat email saya, dan
    apabila anda bersedia, saya beeharap bisa dapat email dari anda agar saya bisa banyak bertanya.

    Terima kasih, Wassalam.
    Reza

    Ibnu Jakfari:

    Salam akhi, karena khwatir saya tidak punya waktu banyak, jadi saya pikir diskusinya biar di sini saja.

  4. ass..ustadz , terima kasih atas artikelnya sebagai tambahan ada beberapa artikal ustadz yang saya copy tanpa izin dari ustadz , dengan ini saya mohon maaf atas kesalahan saya..jazakallah khair.

  5. berita dukungan negara-negara sunni pada israel dapat di akses di hatikvahyahudi.wordpress.com

    • hati-hati saudaraku baik suni maupun syi’i blog ini blog provokator yang ingin mengadu domba sunnah-syiah…!!

      waspadalah

  6. Salam…
    Ustads .., saya mohon d bantu utk mndapatkan buku ttg sholatnya syiah ..? Kemana. Ya saya harus mencari krn d kota tempat saya tidak ada yg nenjual

    Ibnu Jakfari:

    Ada buku dengan judul Shalat menurut Ahlulbat, karya Hidayatullah. Bisa didapat di toko-toko buku, seperti Gramedia mungkin.

  7. buat umat islam…hati-hati blog ini merupakan kepanjangan tangan dari syiah…..dia menggunakan pendapat dan hadis dari kalangan sunni kemudian dikomentari sendiri dan dijadiakan alat untuk memukul sunni….blog ini ga peduli jika pemahaman mereka salah atau hadisnya ga jelas asalnya…hati-hatilah…..
    masalah negeri sunni itu hanya pemimpinnya saja yang bisa salah sebagai manusia …………..tapi mengenai ajarannya tetap islam…sebagaimana orang islam ada yang baik dan tidak baik…..buat anda yang menjadikan negara iran sebagai idola….apa yang presiden iran sampaikan di mass media itu hanya gertak sambal…amerika ga mungkin nyerang iran karena tau…iran merupakan musuh negera yang penduduknya sunni….kalo memang iran itu membela islam kenapa banyak ulama , orang dan masjid sunni yang dibunuh dan dihancurkan sedangkan orang yahudi di biarkan hidup bebas bahkan jumlah sinagog(tempat ibadah yahudi) lebih banyak dari masjid sunni……buat temen sunni kalo pingin tau bagaimana ajaran syiah….coba buka SITUS HAKEKAT.COM……..

    • ah pengecut nih kagak mau menanggapi dengan ilmiah.

    • Wow bahkan yang jauh lebih parah sekarang Saudi dengan saudaranya ( Amerika Laknat) & jg pemerintah Yaman sedang membantai warga muslim di Sa’da….Hebatnya yg mereka bantai bukan hanya org2 yg dlm sudut pandang otak kerdil mereka sbg pemberontak….bahkan juga membantai anak2 tak berdosa serta para wanita & ibu2…..Luar biasa
      Dan yang lebih menunjukkan ketaqwaan lagi yang menjadi biang kerok justru 22 mufti Saudi yang menyatakan segera diambil tindakan utk memerangi dan membunuhi muslim Yaman…. Wow benar2 mufti2 yg “bertaqwa”
      May Allah burn u all in da HELL !!

    • wah kayaknya orang ini gak paham2, jelas blog ini sangat bagus, sudah mengusung teori Tasawuth,Tawazun, dan netral tapi ini orang payah bgt, jelas Syi’ah itu bagus, walaupun saya Sunni tulen, nahdliyyin bro, jangan suka menjelek2an firqoh tertentu mbokyao ngaca rupamu sudah kayak apa, semua firqoh it bagus, hanya orang yang awam dan bodoh yang menjelek2kan firqoh yang laen. sesuai hadits nabi islam akan terpecah menjadi 73 golongan, 1 masuk surga yang lain ke neraka .yang dimaksudkan itu bukan golongan agamanya tapi prinsip orang2 yang ngaku islam (salafi), kayak Arab Saudi tuh wonk gembor2 islam Salafi tetapi otaknya tetap aja ngekor dollar amrik n Yahudi, wuannneeeeehh baget to, goblok tuh Hai’ah Kibaril Ulama’ (MUI)nya Saudi wonk kerjanya cuma gedein perut.(menjilat penguasa).

  8. @ Joko
    Kalo mau jadi provokator dan memfitnah bukan di sini tempatnya. Sana ke situs Hakekat.com. Di sini tempatnya orang berdiskusi

    • @ joko
      Kalo mau jadi tukang fitnah dan tukang ngfebodohin orang soal sejarah silakan ente nimbrung aja di Hakekat.com…
      Karena level orang sebodoh anda hanya cocok dgn blog bodoh Hakekat.com….

    • jangan2 anda yang provokasi gan he2, kl ngejawab yang ilmiah donk…………………

  9. Yazid bin Muawiyah adalah orang yang (sangat) terlaknat. Pernyataan yang tak terbantahkan. Para pembela Yazid patut dipertanyakan keimanan dan keislamannya.

  10. Alhamdulillah setelah membaca artikel2 situs HAKEKAT.COM, HAULASYIAH dan membuktikannya dengan membaca kitab2 Syiah lalu membandingkan dengan situs2 Syiah maka saya terpaksa meninggalkan Mazhab Sunni (mazhab manis di luar pahit di dalam) dan SAYA MENYATAKAN DIRI UTK PINDAH KE MAZHAB SYIAH AHLULBAIT.

    • alhamdulillah,…allahumma sholli ‘ala Muhammad wa aali Muhammad attoyyibiina wattohiriin.
      Perpindahan Majhab bukan berarti permusuhan…kalaupun ada kritik hujjah, diharapkan saudara Suni tdk salah paham dan emosional. Jawablah kembali kritikan itu dg ILMU bukan fitnah,..agar kita sama2 belajar dan mengambil hikmah.

  11. Mau tahu kalo masih ada sekte keras kepala yang menyertakan kata RA dibelakang nama Yazid ??
    Siapa lagi kalo bukan “Salafiyyah Wahabiyyah” yang menunjukkan kecintaan mereka pada rasul dan ahlulbayt rasul mereka dengan mengkafirkan ayahanda, ibunda, dan paman tercinta Rasul pelindung Risalah Muhammad SAWW ….
    Dan bentuk lain kecintaan mereka pd ahlulbayt rasul mereka adalah dgn meninggikan dan memuliakan gelar buat para musuh2 mereka seperti Muawiyah, Yazid, Amr ibn Ash, Thalhah, Zuber dgn gelar “RA”

  12. Mau tahu kalo masih ada sekte keras kepala yang menyertakan kata RA dibelakang nama Yazid ??
    Siapa lagi kalo bukan “Salafiyyah Wahabiyyah” yang menunjukkan kecintaan mereka pada rasul dan ahlulbayt rasul mereka dengan mengkafirkan ayahanda, ibunda, dan paman tercinta Rasul pelindung Risalah Muhammad SAWW ….
    Dan bentuk lain kecintaan mereka pd ahlulbayt rasul mereka adalah dgn meninggikan dan memuliakan gelar buat para musuh2 ahlulbayt mereka seperti Muawiyah, Yazid, Amr ibn Ash, Thalhah, Zuber dgn gelar terhormat “RA” .
    Oh ya mereka jg mengambil hadits2 dari para perawi yg mencaci sahabat besar seperti Ali RA…baca deh…..

    https://jakfari.wordpress.com/2009/10/12/ternyata-mencaci-maki-sahabat-nabi-tidak-apa-apa-hukumnya/

  13. Laknat Kuadrat buat si Yazid dan pembelanya… !!!!

  14. Ass. wr. wb.

    Alhamdulillah. Setelah baca kita Ihsan Ilahi Zahir (Salah gak nulisnya?) dan membandingkan dengan dialog sunnah syi’ah ana tercerahkan dan terpaksa mengakui para ma’shumin.

  15. Assalamualaikum Wr.Wb
    Telah terjadi suatu fenomena menarik, yaitu ratusan orang dalam waktu singkat berbondong bondong pindah dari aliran salafi wahabi ke mazhab AHLUL BAiT, adapun pemicunya adalah setelah mereka membaca website :
    https://syiahindonesia1.wordpress.com

    Web mengguncang dan menggemparkan tersebut memuat 7 buah artikel yaitu :

    1. Bukti Imamah Ali Yang Mengguncang Semesta ! Meruntuhkan Aswaja Sunni

    2. Guncang !!! Hadis Palsu Dalam Kitab Bukhari Terungkap !

    3. KAiDAH : HADiS YANG MERUGiKAN AHLUL BAiT ADALAH PALSU DENGAN SENDiRi NYA

    4. Nabi SAW bilang tidak semua sahabat adil.. Kok Ulama Aswaja membantahnya !!!

    5. 12 khulafaur rasyidin Syi’ah Dizalimi Rezim Umayyah – Abbasiyah Dan Kaitannya Dengan Kitab Hadis Bukhari Muslim

    6. SALAFi WAHABi MEMAKAi HADiS DHA’iF SYi’AH SEBAGAI BLACK CAMPAiGN

    7. Kesalahan Terfatal Aswaja Sunni Karena Membela Rezim Mu’awiyah

    Telah terjadi suatu fenomena menarik, yaitu ratusan orang dalam waktu singkat berbondong bondong pindah dari aliran salafi wahabi ke mazhab AHLUL BAiT, adapun pemicunya adalah setelah mereka membaca website :
    https://syiahindonesia1.wordpress.com

  16. hehe,,,sebenarnya banyak artikel dalam blog ini yang menarik sekali untuk dibantah….

    kalau masalah yazid sih semua ulama sunni mengutuknya…

    bagaimana tidak, sunni memerintahkan pengikutnya untuk memuliakan keturunan nabi saw, apalagi al hussein adalah juga termasuk shahabat nabi saw juga….

    yang jadi masalah kalau pemahamannya dibelokkan ke arah lain sesuai ‘kemauan pribadi’,,,,hehe,,,

    Ibnu Jakfari:

    Akhi kurniawan, apa buktinya kalau semua ulama Sunni telah mengutuk Yazid (al)
    Bukankah masih banyak yang menyanjungnya?!
    Sampai-sampai departemen Pendidikan Kerajaan Saudi menerbitkan buku dengan judul Haqaiq ‘an Amiril Mu’minin Yazid ibn Mu’awiyah! Apa masih kurang bukti mas?!

  17. buat para sunni yang keluar dan pindah ke syiah, kapan2 aja saya ajak dialog insyaALlah,,,, ,,,,,pesen saya belajarlah dulu tentang sunni lebih dalam, insyaAllah akan paham perbedaannya dengan syiah…

  18. Kepada Dodykurniawan yang pintar dan yang terhormat

    Buanglah kebencian dan permusuhan kepada sesama orang yang beriman; tertuman kepada Kaum Syiah.

    Insya Allah, Haji Muhammad Abdullah tidak akan kembali kepada madhab Ahlul Sunnah (Sunni); karena Haji Muhammad Abdullah mendapatkan kebenaran di dalam madhab Ahlul Bait (Syiah); walaupun demikian semua Kaum Syiah sangat mencintai dan menyayangi Kaum Sunni.

    Boleh jadi Dodykurniwan lebih mengerti Aqidah kaum Syiah disini dari pada kaum Sunni di forum ini; karena Dodykurniwan terus menerus melihat bahwa Kaum Syiah mengadalkan AlQuran dan Hadith/Sunni untuk petunjuk kaum Syiah.

    Bandingkan sendiri website Kaum Sunni misalnya Hakekat.com yang rajin menyebarkan kebohongan2 tentang Kaum Syiah.

    Kaum Syiah tidak akan membalas dengan cara menyebarkan kebohongan2 tentang Kaum Sunni; tetapi kaum Syiah akan berusah mencerdaskan ummat Islam dengan cara merujuk kepada AlQuran dan hadith/sunnah.

    Janganlah membenci Kaum Syiah karena kaum Syiah menggunakan AlQuran dan Hadith/Sunnah sebagai kitab petunjuk; tetapi pertanyakan Kaum Sunni yang rajin meninggalkan AlQuran dan Hadith/Sunnah.

  19. Kepada Dodykurniawan yang pintar dan yang terhormat.

    YAZID IBN MUAWIYYAH telah memimpin pasukan tempur untuk membunuh para sahabat di Makkah dan berusah menghancurkan Ka’bah. Ka’bah hancur hampir rata dengan tanah atas perbutan pasukan tempur yang dipimpin oleh Yazid ibn Muawiyyah

    Baca SHOHIH MUSLIM, Kitab 7 no 3083.

    Kesalahan kaum Sunni adalah fanatik buta membela semua kesalahan (semua kejahatan) yang telah dilakukan oleh para sahabat. Padahal ALLAH telah melarang untuk dukung-mendukung di dalam melakukan kejahatan (perubatan2 yang berdosa)

    ALQURAN 5:2
    Tolong-menolonglah kamu untuk melakukan kebaikan kebaikan; dan janganlah kamu tolong-menolong untuk melakukan kejahatan (diharamkan untuk saling membantu di dalam perubatan yang berdosa).

  20. Kepada para pembaca yang pintar dan yang terhormat

    Rasulullah dan para Imam mengajarkan akhlaq yang baik; sehingga kita tidak perlu mengejek, mencela atau menghina para sahabat yang telah melanggar AlQuran dan Sunnah/Hadith misalnya Muawiyyah ibn Abu Sufyan dan Yazid ibn Muawiyyah.

    Marilah kita selalu memuji ALLAH; karena para sahabat yang telah melanggar AlQuran akan disiksa oleh ALLAH di akhirat nanti; dan para sahabat yang telah mentaati AlQuran dan Sunnah/Hadith akan diberikan pahala dan surga oleh ALLAH pada hari Qiyammah nanti.

    Orang2 tertentu dari Kaum Syiah sebaiknya berhenti mencaci-maki para sahabat yang telah melanggar AlQuran setelah kepergian Rasulullah; supaya Kita sebagai kaum Syiah tidak melukai dan tidak menyakit perasaan kaum Sunni.

    Jika kita sebagai Kaum Syiah berhenti mencaci-maki para sahabat yang telah melanggar AlQuran dan Sunnah/Hadith; maka akan madhab Ahlul Bait (Syiah) akan jadi lebih menarik dan akibatnya akan bertambah banyak orang dari Kaum Sunni yang akan menjadi kaum Syiah.

    Hanya orang2 yang bodoh dan yang emosi (tidak dapat menggunakan akal sehat) selalu mencaci-maki para sahabat.

    ALQURAN 4:148
    Sesungguhnya ALLAH tidak menyukai perkataan yang kasar yang diucapkan oleh manusia; kecuali yang diucapkan oleh mereka yang telah dianiaya.

    Kaum Syiah wajib mempelajari kesalahan2 (kejahatan2) yang telah dilakukan oleh para sahabat tertentu untuk mengambil pelajaran (Hikmah) dari kesalahan2 (kejahatan2) tersebut; supaya kaum Syiah tidak mengulangi kesalahan2 (kejahatan2) yang sama dengan kesalahan2 (kejahatan2) yang telah dilakukan oleh para sahabat setelah Rasulullah wafat; bukan untuk mencaci-maki para sahabat.

  21. […] Imam Ahmad ibn Hanbal: Yazid Adalah Hamba Terlaknat Dalam Al Qur’an! […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: