Gila!! Para Sahabat Menuduh Nabi saw. Mencuri Selimut Bekas!

Tidak ringan gangguan yang dihadapi Nabi saw. dari para sahabat beliau…. Beliau tidak hanya dituduh berlaku tidak adil dalam pembagian ghanîmah/pampasan perang, seperti yang disebutkan dalam beberapa riwayat yang dishahihkan para muhaddis Sunni. Kini gangguan itu jauh lebih berat dan keji… Sebagian sahabat menuduh Nabi saw. telah berkhianat dengan mencuri selembar selimut bekas berwarna merah yang menjadi ghanîmah, sehingga Allah “terpaksa” menurunkan ayat membela nabi-Nya dari tuduhan murahan sebagai sahabat itu.

Allah berfirman:

وَ ما كانَ لِنَبِيٍّ أَنْ يَغُلَّ وَ مَنْ يَغْلُلْ يَأْتِ بِما غَلَّ يَوْمَ الْقِيامَةِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ ما كَسَبَتْ وَ هُمْ لا يُظْلَمُونَ..

“Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barang siapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu; kemudian tiap- tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya.”(QS. Âli ‘Imrân;161)

Ibnu Jakfari berkata:

Para mufassir dan muhaddis Sunni menjelaskan bahwa ayat di atas turun berkenaan dengan tuduhan sebagian sahabat ketika mereka kehilangan selembar selimut bekas dalam tumpukan ghanîmah bahwa yang mengambil dan menyembunyikannya adalah Nabi Muhammad saw.!

Ibnu Jarir ath Thabari –imam ahli tafsir Salaf- menerangkan ayat di atas sebagai berikut: Para ahli qira’ah berselisih dalam membaca ayat ini, sekelompok ahli qira’ah negeri Hijâz dan Irak membacanya:يَغُلَّ dengan arti: mengkhianati para sahabatnya pada harta pampasan perang yang sebenarnya diperuntukkan mereka dari harta musuh-musuh mereka. Sebagian ahli qira’ah yang membaca ayat tersebut demikian berhujjah bahwa ayat ini turun atas Rasulullah saw. tentang selimut merah yang hilang dari harta pampasan perang Badr, lalu sebagian sahabat yang bersama Nabi saw. berkata, Mungkin Rasulullah yang mengambilnya. Mereka meriwayatkan banyak riwayat dalam masalah ini.”

Kemudian beliau mulai menyebutkan beberapa riwayat tentang tuduhan keji itu dari banyak jalur dari Ibnu Abbas ra. di antaranya: “Ada sebuah selimut berwarna merah yang hilang dari pampasan perang Badr, lalu sebagian sahabat Nabi saw. berkata, ‘Nabi yang mengambilnya.’ Lalu ramailah mereka memperbincangkannya maka Allah menurunkan ayat: 

وَ ما كانَ لِنَبِيٍّ أَنْ يَغُلَّ وَ مَنْ يَغْلُلْ يَأْتِ بِما غَلَّ يَوْمَ الْقِيامَةِ ….

“Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barang siapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu… “

Hadis-hadis tentangnya juga telah diriwayatkan oleh banyak ulama dan ahli hadis seperti Abu Daud, at Turmudzi. Al Mubârakfûri ketika menerangkan hadis riwayat at Turmudzi dengan nomer4096 mengatakan: “Maka sebagian orang berkata, ‘….’ Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari jalur Abu ‘Amr ibn al Alâ’ dari Mujahid dari Ibnu Abbas, ia berkata, ‘Kaum munafik menuduh Rasulullah saw. mencuri sesuatu, maka Allah menurunkan ayat:” Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang.. “ Kemudian Al Mubârakfûri menerangkan ayat itu demikian “Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang” maksudnya: Tidak sepantasnya seorang Nabi untuk berkhianat dalam pampasan perang, sebab kenabian itu bertolak belakang dengan pengkhianatan.”[1]

Ibnu Jakfari berkata:

Dalam seluruh riwayat ath Thabari dan at Turmudzi kita mendapati bahwa yang menuduh Nabi saw. adalah orang-orang yang bersama beliau.. para sahabat beliau… hanya dalam riwayat Ibnu Mardawaih –seperti disebutkan al Mubârakfûri dikatakan bahwa yang menduduh beliau adalah kaum munafik! Maka dengan menggabungkan antara riwayat-riwayat di atas menjadi jelaslah bahwa yang menuduh beliau adalah sahabat yang munufik bukan sahabat Nabi saw. yang tulus dalam keimanannya dan patuh lagi ta’at!

Data Yang Mengancam Doqma Sunni!

Dalam akidah yang dipaksakan ulama Sunni kepada kaum awam maupun kepada para santri yang ingin mentas dari lembah keawaman menjadi setengah awam setengah alim bahwa para sahabat itu semuanya adalah udûl bahkan mereka mendoktrinkan bahwa tidak keikut-sertaan kaum munafikin dalam peperangan Badr….[2] Dan para peserta Ghazwah Badr semuanya telah dijamin surga dan Allah SWT telah membebaskan mereka untuk berbuat sekehendak mereka sebab apapun yang mereka akan lakukan pasti diampuni!

Tetapi data-data valid di atas sungguh mengancam akidah yang didoktrinkan seperti itu!

Bukankah menjadi nyata keberadaan dan keikut sertaan kaum munafikin dalam perang Badr?!

Lalu apakah mereka menuduh Nabi saw. dengan tuduhan keji itu juga mendapatkan semua piagam penghormatan dari Allah itu?!

 

Sungguh Tuduhan Keji Luar Biasa!

Apa yang mereka tuduhkan terhadap Nabi agung saw. itu sungguh luar baisa kekejiannya. Bagaimana mereka itu menuduh Nabi saw. telah mencuri dan berkhianat. Sebab kata ghulûl (bentuk mashdar/kata dasar) artinya adalah mencuri/menganbil dengan diam-diam dan berkhianat, hanya saja dalam penggunaannya ia diidentikkan dengan pengkhianatan dalam harta pampasan parang/ghanîmah. Demikian diterangkan Syeikh al Khâzin dalam tafsirnya; Lubâb at Ta’wîl,Ibnu Atsîr dalam al Nihâyah Fi Gharîb al Hadîts,[3] buku khusus tentang kamus hadis. 

 

 


[1] Tuhfah al Ahwadzi,8/359.

[2] Seperti dipastikan oleh seorang Misionaris wahabi bernama  ad Darwîsy dalam kitabnya Ruhamâ’ Bainahum.

[3] Lubâb at Ta’wîl , 1/441 dan al Nihâyah Fi Gharîb al Hadîts,3/380 pada kata Ghalala.

29 Tanggapan

  1. sungguh merinding bulu romaku membaca riwayat di atas!!!!!!!!!!
    Kok tega-teganya mereka nuduh nabi mencuri selimut bekas!!!!!!!!!!!
    tapi lha wong namanya aja orang-orang munafiqun ya pasti selalu sinis sikap meerka kepada nabi islam!!
    jadi sepertinya mulai sekarang kita wajib hati-hati terhadap mereka yang berseragam “sahabat”… siapa tau dia termasuk yang munafiq?! Jadi perlu alat ukur yang pasti lho!

    • setuju mas,…kita mesti hati2 ama yg pake jubah ‘sahabat’. Bytheway kita jg msti ati2 ama orang2 yg ngaku keturunan nabi saw, denger2 juga katenya dzuriyat tuh bisa dijualbelikan yah waah..priben iki.

      • @moderatmoslem

        setuju mas…!

        kita juga musti ati-ati dengan yang namanya ulama seperti bin baz, al bani, utasimin, hai’ah kibar ulama (saudi) soalnya mereka katanya sering MEMPERJUALKAN FATWA kepada amir-amir atau rajanya.. tentunya fatwa untuk kepentingan amir/raja !!

  2. astaghfirullah..

  3. wew! tuduhan palsu tuh kayaknya…tapi kok jadi mikir, sebegitu pentingnya tuduhan itu sampai Allah menurunkan ayat yg membantah tuduhan itu ya? jadi sepertinya Allah menjadi saksi buat Muhamad ya…
    mau tanya pak Ustad, itu ayat turun lewat Jibril apa Muhamad sendir yg menerimanya?

    • apa stiap wahyu itu harus slalu lewat malaikat jibril?

    • Untuk Jephman :
      pertanyaan anda sudah basi, saat nabi mengangkat imam ali kw sebagai khalifah penggantinya (peristiwa Ghadir Khum), seorang munafiq juga menanyakan kpd nabi saw seperti kalimat anda. dan apa akibat yg menimpa si penanya? cari sendiri jawabnya……………….. mudah kok

  4. hawaighalib…..elu jangan mau ketipu dan dibodohi..itukan penafsiran sepihak dari orang syiah..coba anda lihat di kitab tafsir dan hadist punya orang sunni pasti ga gitu….anda bisa lihat tafsir ibnu katsir, attobari, jalalain, sohih bukhori dan muslim…..buat umat islam hati-hati ya dengan blog syiah ini isinya menyesatkan kita semua orang sunni, dia bawa hadis dan qur’an sunni tapi ditafsirkan sendiri …emang gitu sih kerjanya syiah,sesat menyesatkan,,,,biasanya kalo ada tanggapan kaya saya ini pasti disensor….begitulah akal bulus mereka…..ga kaya situs yang lain apa adanya di masukin…emang licik blog syiah ini…

    • saya harap mba fatimah mau menjelaskan hadis di atas, biar saya yang membaca mendapat pencerahan..,
      ” biasanya kalo ada tanggapan kaya saya ini pasti disensor ”
      sayang skali tanggapan mba bagi saya yang awam tidak sedikitpun mendapat pencerahan

    • Saya jadi ga berani komentari kata2 anda karena saya melihat nama anda yg mulia…..Duhai Fatimah andai anda benar2 mengetahui kedudukan mulia Fatimah as yg semestinya….
      Sebagaimana Rasul begitu memuliakan Fatimah as & aklulbayt jauh melebuki sahabatnya…..
      (Maaf ga nyambung)

  5. setuju mba fatimah ….blog ini pasti punya syiah..ciri utamanya gemar mencaci maki sahabat ,,modalnya memelintir kitab dan pendapat orann sunni, dulu saya hampir masuk syiah karena tertipu oleh propaganda iran yang keras terhadap israel dan amerika,,,ternyata semua itu hanya sandiwara,,kalo emang peduli kanapa ga kirim hizbullah ke palestina , tapi lihat orang sunni mereka kirim mujahidin ke afganistan ga hanya ngomong kaya syiah buat nipu oirang…cape deh…

    • @ ricki

      saya kutip kata2 kamu :

      dulu saya hampir masuk syiah karena tertipu oleh propaganda iran yang keras terhadap israel dan amerika,,,ternyata semua itu hanya sandiwara,,kalo emang peduli kanapa ga kirim hizbullah ke palestina ,……… ….. ….

      Tanggapan :

      Wah..wahh…. ternyata dulu ente hampir melek akan fakta dunia dan hampir masuk syiah tapi ternyata anda masih dalam keraguan … Kalo Iran yang jelas2 dan merupakan fakta bahwa Iran sangat keras trhadap Zionis dan amerika saja masih anda ragukan dan anda anggap propaganda ( dan saya yakin anda berbuat begitu krn kena propaganda tanpa fakta yg diberikan ustadz2 sunni anda ) terus pada pihak mana lagi anda berpihak …? kalo keberpihakan Iran & Hizbullah dan segala seruan jihad mereka utk palestin ( yg jelas2 fakta ) saja anda bilang propaganda…apa anda akan bilang yang membela palestin adalah Saudi atau Mesir yang menjadi rekanan para agresor Zionis dan Amerika ( dan seluruh duniapun dpt mengakses bukti2 itu semua dgn mudah ) ??
      Apa anda akan berpihak kembali kpd kiblat kaum Salafy Wahabi yaitu negara Saudi yang Amir2 mereka dgn bukti2 & fakta2 sangat mesra dgn negara2 zionis dan amerika itu…. ?? Apa anda akan berpihak pd mazhab yg syekh2 mereka dgn santai berfatwa para pejihad hamas dipalestin menyimpang & tdk boleh dibantu…?? apa anda akan kembali pd syekh2 saudi yang menyatakan haram berdemo anti israel…?? apa anda akan kembali pd mazhab si nashruddin albani yg berfatwa bahwa warga palestin harus keluar dr tanahnya dan menyerahkan hak hartanya pd zionis krn telah kalah & mnjadi negara kafir ??… Apa anda akan memihak negara sunni sperti Saudi yg dgn gagahnya membantai warga muslim di Sa’da Yaman & hebatnya pembantaian Saudi disana bekerjasama dgn Amerika kafir…..??? yah mata anda yang sudah melek kembali buta mas…. Mengapa anda membuang fakta2 yg jelas dan kembali mengambil propaganda tanpa bukti ???…. Yah bahkan inilah mazhab anda yang mengambil agamanya dr doqma2 & propaganda .. jelas2 bukti & fakta2 dr kitab2 sunni diatas sebagian sahabt menuduh nabi mencuri dan banyak bukti macam2 akan kelakuan sahabat yg mazhab anda dgn begitu pengagunganx thdp seluruh sahabat mengatakan dosa besarpun yg mereka lakukan mendapat pahala dgn dalih ijtihad utk terus mmpertahankan fatwa “seluruh sahabat adil dan tidak akan menyimpang”…Nauzubillah….Apa memang mazhab anda mazhab pembuang fakta dan hanya mengambil agamanya dr doktrin & propaganda ???…. Jika anda terus dalam keraguan maka kata Imam Ali : ” Barang siapa yang dalam keraguan dlm hal yg prinsip maka gelindingkan dia ke pihak lawan “……!!!

    • ” ciri utamanya gemar mencaci maki sahabat ”
      maaf mas riki, kan bisa saja orng syiah jga bilang bahwa suni membela smua sahabat 100%, bukan kah lebih baik mas riki bantah saja tema yang di sajikan pak ibnu jakfari

      ___________
      Ibnu Jakfari:

      Membela sahabat melecehkan Rasulullah saw, itulah mereka!

    • Yg fair aja lah mas…
      Siapa yg menghadapi dan berhasil memukul mundur agresi militer zionis israel terhadap Libanon selatan di th 2006? Hizbullah kan?. Dlm pertempuran 34 hari itu, para pejuang Hizbullah dengan gagah berani telah berhasil mengusir Israel dari wilayah Libanon Selatan meski persenjataan mereka jauh di bawah Israel.

      Apa yg dilakukan para negeri sunni spt Mesir dan Arab Saudi saat Jalur Gaza digempur habis tentara zionis Israel pd akhir 2008 lalu? Bukankah secara persenjataan dan dana mereka jauh di atas Hizbullah? Mengapa diam saja tdk membantu Palestina? Malah Mesir membuka perbatasannya (Rafah) sbg jalur tentara Israel memasuki Jalur Gaza. Mengapa mereka tdk berani melawan Israel? Pejuang Hizbullah yg persenjataannya jauh di bawah Israel saja berani melawan Israel. Kok Mesir dan Arab Saudi mengkeret ya?

      • Ketahuilah Para Salafiyyun sangat tdk suka membicarakan akan fakta2 politik keburukan negara pujaannya (saudi) krn akan memperlemah akidah pengagungan mereka bagi raja2 dinasti Saud mereka….
        Tidak ada cara lain membela Saudi nan Salafy itu selain dgn menyebar propaganda & memelintir fakta pemberitaan…

  6. karangan murahan dan fitnah keji, sangat jelas blog ini punya syiah, yang cirinya mencaci maki bahkan memfitnah sahabat, anda memelintir ayat dan menafsirkan secara gegabah, ayat itu bukan untuk para sahabat tapi buat orang2 khawarij,anda bisa lihat pada tafsir ibnu kasir dan attobari….benar-benar fitnah yang keji, ciri khas ajaran syiah.

    Ibnu Jakfari:

    Mas, kalau kerepotan bantah ya saya silahkan diam aja…. Kerena makin banyak menolak kebenaran dan data yang nyata makin kelihatan kelemahan Anda! Itu nasihat tulus saya.
    Kang mas, dta yang saya ambil itu dari leteraatur mu’tabarah Sunni lho! Jika ternyata murahan (seperti kata Anda) itu sih bukan urusan saya atau Syi’ah! Itu urusan kalian sendiri, kalau ternyata kitab-kitab mu’tabarah mazhab Anda itu memuat data murahan!!
    Dan jika itu menfitnah para sahabat, itu juga ulama mazhab kalian yang meriwayatkan dabn menshahihkannya. Saya hanya memelekkan kalian terhadapnya. Apa saya salah?
    Mas mau tanya nih, kaum Khawarij itu apa sudah ada di masa hidup Nabi saw.?

  7. Jeng Fat, saya sih nggak ketipu, tapi kalao memang begitu krnyataannya trus gimana Jeng?
    Tapi boleh juga kamu beri saya perbandingan tasfir lain untuk penyemimbang dan supaya didiskusikan di sini… Sebab kalao tidak, kesimpulannya tetap seperti yang disajikan di sini.

  8. tanggapan / sanggahan yg masuk hanya omelan dan cacian . kok gak ada yg berani bahas sumber kitabnya aja ya biar enak diikuti diskusinya? ayoo…………..kutunggu.

  9. @ ibn jakfari : anda ini gak fair,tunjukin naskah hadist nya dengan detail. bkn satu ayat atau hadist kemudian anda komentari sendiri,anda ini bkn muhaddist.msh kelas copy paste ato maktabah syamilah.tunjukin dg detail jadi yg menyimak tau siapa yang salah memahami makna hadist dan ayat tsb,bosen saya cuma rujukan dan potongan hadist n ayat yang di tampilkan.smua artikel disini begitu,gak ilmiah…….. ?

    • Lho kenapa ga nyari sendiri ? kalo saya menyimak dan faham koq apa yang di tulis pemilik blog.
      coba pelan2 baca lagi tulisan diatas. kalo masih bingung coba minta tolong kerabat anda yang lebih pinter ngejelasin ke anda. kayanya itu diambil dari kitab saudara kita yang Sunni, kenapa anda tidak melengkapi jika memang anda menganggap ini hanya potongan.

  10. salam kenal

  11. artikelnya mantapppp….

  12. Assalaamu’alaykum….

    Naudzubillahi min dzaalik, ikhwah fillah tidak semua orang yang hidup di zaman rosululloh sholalloohu ‘alayhi wa sallam itu di katakan “shohabat”, ada juga orang2 munafik dan juga orang2 non muslim.

    Cuma masalahnya bagi syi’ah selain shohabat yang ahlul bayt tidak di sukai/dibenci/di cap munafik (tdk perlu di sebut siapa naman2nya). Sedangkan bagi sunni semua shohabat adalah di muliakan, termasuk yang ahlul bayt, yang ‘Alim, maupun typical2 shohabat yg lainnya. Karena mereka adalah sebaik2 ummat yang sudah di puji oleh alloh subhaanahu wa ta’aala dalam firmanNya:

    Wassabiquwnal Awwaluwna minal muhajiriyna wal Anshoori, Walladziynattaba’uwna biihsaanirrodhiyalloohu ‘Anhum wa Rodhuu’Anh. Wa a’addalahum Jannaatin Tajriy Tahtahal anhaaru, Kholidiyna fiyhaa abadaa. Dzaalikal Fawzul ‘Adzhiym.
    (Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar. ) Attaubah ayat 100.

    Semoga semua bisa menyikapi dengan arif dan bijaksana, dan tidak terprovokasi. Hindari hawa kebencian, telaah dengan jernih wahai ikhwah fiddiyn.

    Walloohu A’lam wa Musta’an.

  13. BUAT DINDA FATIMAH:
    fatimah, di/pada Januari 27, 2010 pada 4:51 am Dikatakan: r
    NAMA,U INDAH TAIKAMU TAPI SAYANG LOGIKAMU SEDANG BERMASALAH….
    KALAU KAMU TIDAK SETUJU DENGAN APA YANG DISAJIKAN PAK JAKFARI… DAN KAMU LEBIH MANTAP DENGAN TAFSIRE IBNU KATSIR, THOBARI DKK. YA TOLONG KAMU SAJIKAN DI SINI DONK! BIAR KITA PERHATIKAN MANA YAN LEBIH BERTANGGUNG JAWAB!

  14. Assalamualaikum

    BUBAR!!!!!! BUBAR!!!! Sunny, Syiah, dan yang laennya.

    Ingat Dua kalimah syahadat???
    kalo ingat ya udah sekian saja…. jabarin itu baru menghujat Nabiyullah Rasulullah Muhammad SAW

    musuh Islam yg nyata adalah Hawa nafsu dan Iblis… ngapain bertengkar??? masih ga faham musuhmu yg nyata???

    mohon maaf bila saya lancang, karena kebodohan saya memahami hanya dengan Dua kalimah syahadat aja.
    sekian
    wassal

  15. Aneh emang, di satu sisi mrk bilang semua sahabat adil dan bebas dr dosa yg berarti makshum dong, di satu sisi mrk jg bilang kl semua sahabat tdk makshum.. Gmn cara berpikirnya ya? Lagian ini sumber dr kitab sunni, ust jakfari hanya memaparkan tp dibilang memelintir.. Mestinya yg bikin kitab itu lah yg dibilang memelintir.. Semoga semua selalu diberi petunjuk yg benar oleh اللّهُ SWT amin

  16. Yang nulis blog ini lbih GILA N GOBLOK penulis ini sama persis dg rahib yahudi n pendeta nasrani yg mngambil ayat2 ato dalil2 secara parsial utk disesuaikan dengan nafsu bejatnya. Hanya orang yg gak punya otak yg percaya dgn bualan ini. Semoga Allah melindungi kami dari para pencaci n pendengki macam kalian

  17. satu hal yg perlu diingat dari sekian bnyak pesan rasulullah, yaitu, beliau pernah berkata, diakhir zaman nanti islam akan terbagi menjadi 73 golongan, dan dari 73 golongan tersebut hanya satu yg masuk surga, yaitu golongan ahlussunah waljama’ah.
    Syiah membenci para sahabat dan tidak mengakui mereka sebagai khalifah. Tpi satu yg tidak pernah mereka sadari bahwa islam bisa besar seperti ini, bukan karena jasa ahlulbait, melainkan para sahabat, tentara islam dijaman itu banyak, tpi dari sekian banyak hanyya sedikit yg masuk dlm katagori ahlul bait dari rasulullah. Dan ada satu lagi yg perlu diketahui, kehadiran para sahabat bagi rasulullah bukan hnya sekedar sahabat, tapi bagi beliau sudah seperti keluarga.
    Mereka menerima ali bin abu tholib, fatimah, hasan dan husein sebagai ahlul bait. tpi mereka tidak menerima mertua, menantu, dan istri rasul sebagai bagian ahlul bait. Apakah mereka tidak pantas dikatakan sebagai ahlul bait… Mengingat kesetian mereka dan pengorbana mereka kepada rasul.

  18. […] Gila!! Para Sahabat Menuduh Nabi saw. Mencuri Selimut Bekas! […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: