Kehormatan Nabi Mulia Muhammad saw., Antara Pandangan Syi’ah Imamiyah dan Ahlusunnah wal Jama’ah

Pendahuluan

Mungkin tulisan ini lebih tepat jika diterbitkan sebelum diluncurkannya seri edisi Potret Nabi Muhammad saw. dalam Hadis Bukhari, mengingat ia cocok sebagai pengantar… namun karena satu dan lain hal, kami baru menerbitkannya sekarang. Akan tetapi kami yakin itu tidak akan banyak mempengaruhi.

Perbandingan Pandangan Syi’ah dan Sunni Tentang Maqam, Nabi Muhammad saw.

Kami Syi’ah, pengikut setia Ahlulbait Nabi as. berkeyakinan bahwa Nabi Muhammad saw. adalah penutup para nabi dan paling mulai, afdhalnya para rasul. Beliau adalah makhluk termulia. Dan telah tetap dalam riwayat-riwayat ulama kami bahwa Nabi saw. dan Ahlulbait suci beliau diciptakan dari cahaya, Nûr ilahi sebelum Allah menciptakan ciptaan-Nya. Beliau ma’shûm (terpelihara dari kesalahan dan dosa) sejak sebelum diutus sebagai Nabi hingga akhir hayat beliau, baik dari dosa-dosa kecil, shaghîar, apalagi dosa-dosa besar, kabâir dan dari semua hal yang mencoreng kemulian maqam agung beliau.


Kami berkeyaninan bahwa kehormatan beliau di saat hidup sama dengan kehormatan beliau setelah beliau wafat. Beliau mendengar ucapan salam kita dan membalasnya. Kami berkeyakinan dianjurkannya berziarah ke kubur/pusara suci beliau dan bertawassul dengan beliau, mencari keberkahan dari bekas-bekas dan peninggalan beliau, mendirikan shalat di sisi pusara beliau.
Adapaun saudara-saudara kami kaum Ahlusunnah, mereka juga telah meriwayatkan dalam hadis-hadis mereka bahwa Allah menciptakan Nabi saw. dari Nûr sebelum menciptakan ciptaan-Nya. Beliau telah menjadi nabi sementara Nabi Adam as. masih berupa antara air dan tanah. Akan tetapi sebagian ulama mereka menolak semua kenyataan itu! Sebagaimana kitab-kitab terpercaya mereka meriwayatkan bahwa Nabi saw. bukanlah nabi termulia. Sebagian nabi dari kalangan bani Israil lebih afdhal dari beliau. Seperti diriwayatkan dalam Shahih Bukhari!

Ahlusunnah juga berpendapat bahwa Nabi itu ma’shum dari dosa dan kesalahan dalam hal tablîgh/penyampaian wahyu saja, tidak dalam sisi-sisi lain kehidupan beliau! Namun demikian anehnya mereka juga banyak meriwayatkan berbagai kekurangan Nabi Muhammad saw…. sebagimana juga mereka meriwayatkan banyak kesalahan Nabi dalam tablîgh.

Adapun Ibnu Taimyah dan kaum Wahhâbi yang mengikutinya, mereka benar-benar telah menghinakan maqam agung Nabi saw.! mereka mengharamkan berziarah ke makam suci beliau, mendirikan shalat di sisinya. Mereka juga mengaharamkan bertawassul dengan Nabi saw. bahkan sekedar menyeru Nabi dengan kata: Ya Rasulallah/wahai Rasulullkah adalah sebuah kemusyrikan dengan anggapan beliau telah mati, tidak dapat memberikan manfa’at atau menolak madharrat!!

Sampai-sampai ketidak sopanan mereka mencapai puncaknya ketika mereka berkata, Muhammad itu hanya seorang pesuruh Tuhan, seperti tukang pos, dia telah sampaikan pasannya dan sekarang selesailah semua tugasnya!

Ibnu Jakfari berkata:

Dari semua paparan ringkas di atas, kami berhak bertanya kepada saudara-saudara kami penganut Ahlusunnah:

1.      Dalam pandangan kalian apa sebenarnya yang menyebabkan  keyakinan Syi’ah tentang pengenalan maqam dan kema’shuman Nabi Muhammad saw. dalam seluruh ucapan, tindakan dalam seluruh kehidupan beliau itu lebih dalam dan menjaga kehormatan beliau. Apakah semua itu dikarenakan keteguhan mereka dalam berpegang teguh dengan Al Qur’an dan nash-nash Sunnah yang telah menetapkan keagungan itu, atau justru karena mereka terpengaruh oleh pikiran sesat Abdullah ibn Saba’?

2.      Seperti sama-sama dimaklumi, bahwa kaum Yahudi sama sekali tidak menaruh penghormatan kepada maqam kenabian… mereka tidak mebghormati para nabi mereka as. bahkan para nabi as. itu mereka gambarkan dengan penggambaran buruk yang melecehkan dan menjatuhkan kemulian mereka. Sementara dalam dunia akidah Sunni kita menemukan kurangnya penghormatan kepada maqam kenabian dan tidak jarang para nabi, khususnya Nabi mulia Muhammad saw. juga menjadi obyek pelecehan riwayat-riwayat Ahlusunnah. Lalu apakah kalian pernah berfikir dan atau menaruh kecurigaan akan kejujuran sumber riwayat-riwayat seperti itu? Jangan-jangan ada tangan-tangan Yahudi yang bermain di balik layer menyebarkan riwayat-riwayat palsu itu?

3.      Apakah kebiasaan sebagian dari ulama Ahlusunnah menuduh kami (Syi’ah) mengkultus dan bersikap  berlebihan/ghuluw terhadap Nabi saw. dan para imam suci Ahlulbait as. itu sebenarnya diilhami oleh pandangan mereka yang cenderung menghinakan dan melecehkan Nabi saw. akibat riwayat-riwayat yang membanjiri kitab-kitab hadis standar dan kemudian mempengaruhi pikiran mereka?

4.      Apakah kalian setuju dengan tawaran kami bahwa untuk menyelesaikan permasalahan ini (“kami mengkultus dan kalian menghinakana Nabi saw.”) kita harus bertahkim kepada nash-nash Al Qur’an suci dan sunnah shahihah, kemudian kita teliti kandungannya dan menelusuri apakah ada-ada faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pandangan-pandangan tersebut?

10 Tanggapan

  1. indonesia guncang dan gempar setelah Ribuan Salafi wahabi Masuk Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariah Setelah membaca Blog http://syiahindonesia1.wordpress.com

    Dalam rangka penegakan Mazhab Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariah , maka http://syiahindonesia1.wordpress.com akan melakukan PERLiNDUNGAN terhadap sejumlah website…

    Berikut ini nama nama website yang masuk dalam DAFTAR PERLiNDUNGAN WEBSiTE ( DPW ) oleh http://syiahindonesia1.wordpress.com :

    1. http://secondprince.wordpress.com
    2. https://jakfari.wordpress.com 3.http://islamsyiah.wordpress.com…
    4. http://www.al-shia.org…5.http://haulawahabiyah.wordpress.com…6.http://sunnisyiah.blogspot

  2. Buat ente syiahindonesia
    Emangnya ana pikirin! yang murtad masuk Syi’ah hanya kaum sesat yang telah ditulis Allah Subhanahu wata’ala sebagai penghuni neraka… dasar pengikut Abdullah bin Saba’.
    Hadis apa yang kamu maksud hai ibnu jakfari ba’alwi… hadis-hadis kami terseleksi bukan seperti kitab al kafi buatan majusi iran.

    • ben abbat yg cerdas dikit jg bikin malu
      Buruk muka Cermin dibelah, rusak ahlak terlihat dari ucapan & perbuatannya…Wahai Salafy/Wahaby, jika anda adalah Bukti Umat yg terbaik dlm beriman selayaknya anda tdk usah takut dengan Dakwah Ahlulbayt, hadapi, lawan dengan Hujjah dan argumen2 anda yg shahih agar kamipun dapat belajar dr Anda2 jika benar, bukan dengan Hawanafsu segala Cacimaki pengkafiran. Hati2 anda dengan Tuduhan Seperti itu, Kaum Syiah dari dulu hingga kini masihlah berhaji ke Harramain sprti saudara2nya…

    • Memang memprihatinkan cara-cara berdiskusi Ben Abbat …… tanpa akhlak , bicara pun tanpa bukti & dalil …….. semua orang tahu Rasul itu seorang yg santun dlm berdebat bahkan thdp org2 kafir …. tapi kalian mungkin sudah merasa mendapat jaminan surga lebih dr Rasulullah sehingga tanpa beban berbahasa sprti itu ___ Entah doktrin dr sp yg terus menerus merusak isi pikiran kalian sprti itu ?? ……
      Yah beginilah gambaran cara berdiskusi orang2 yg memusuhi syiah ….

    • Ben Abbat Preman Gurun ,,, Pantasan salafy2 ga bisa berhujjah disini ‘
      lihat aja ,, sekali muncul komen isinya ngomel & marah-marah …
      Budaya badui Barbar dipertahankan … Jidat hitam wajah buram ,,, Mengkafirkan jago … berdiskusi ga bisa ,,, mengaku pemegang sunnah Rasul tapi cuman kulit luar saja … hakikatnya tak nampak ,,, Rasul dicela … Bukhari dibela ,,, Badui macam Bin Baz diagungkan … Cucu Baalawi Rasul dihina …
      Kalo ga bisa berdiskusi jangan ngomel …. Jadi kotorkan forum diskusi ini :::

  3. NIMBRUNG KANG ABBAT, HADITS MANA YG U KATAKAN TERELEKSI ? OBYEKTIF AJALAH….KALAU DI KAFI ADA YG BERMASALAH, BKN BERARTI DI SUNI SEMUA READY 2 USE. MAAF……..BUAT NGINGETIN AJA

  4. Buat Ben Abbat, tunjukkan akhlaq mulyamu untuk mewakili golonganmu (wahabiyun) atau mungkin memang begitulah akhlaq yg diajarkan sekte Wahabi ? atau memang hanya cacian dan umpatan yg bisa anda tampilkan disini untuk menutupi kebodohanmu. ingat blog ini dibaca masyarakat luas, sebagai wahana pencerahan, kalau memang tdk mampu lebih baik diam tak usah ikut komen dari pada ketahuan begolu.

  5. Inilah Daftar artikel Website http://syiahindonesia1.wordpress.com yang bisa anda nikmati di web ini ..
    Silahkan Nikmati :::

    Artikel Pertama :
    PERBEDAAN ANTARA AHLUSSUNNAH SUNNi DAN SYiAH… SEMUA POiNT TUDUHAN SESAT KEPADA SYi’AH 100% MAMPU KAMi PATAHKAN

    Artikel Kedua :
    1.SYi’AH KAFiRKAN SAHABAT NABi SAW ?……. 2. AJARAN KHOMEiNi WAJiBKAH DiPATUHi ??…3.AURAT CUMA DUA LOBANG ?????????….4.SYi’AH AMBiL SANAD DARi KELEDAi ??? ….5.”SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK AKAN MENGUMPULKAN UMATKU Di ATAS KESESATAN”

    Artikel Ketiga :
    1.Nikah Mut’ah Dihalalkan Nabi SAW Tapi Diharamkan Umar bin Khattab…2. Nikah Mut’ah Halal Tetapi Dengan Syarat Ketat , misal : Tidak Menzalimi Wanita…3. wanita Iran sangat susah sekali untuk dinikahi secara mut’ah

    Artikel Keempat :
    1.SEJARAH TERBENTUKNYA MAZHAB ASWAJA SUNNi !!! 2.Rasul Suci SAW menyebutkan satu persatu Nama Dua Belas khalifah umat Islam !!! 3.Khalifah Umat Islam Adalah Ahlul Bait !!! 4. Sejarah Kristen Katolik dan Injil Barnabas

    Artikel Kelima :
    1.Kenapa Syi’ah Hanya Mengakui Keshahihan Sebagian Hadis Aswaja Sunni ??? 2.Hadis Palsu Dalam Kitab Bukhari Muslim Terungkap ! 3.HADiS YANG MERUGiKAN AHLUL BAiT ADALAH PALSU…4.Kaitan Hadis Aswaja Dengan Kekejaman Raja Umayyah Abbasiyah….5.“hadis aswaja sunni dikutip syi’ah hanya untuk membuktikan bahwa kebenaran syi’ah ada terselip dalam kitab hadis aswaja”… 6.Secara internal : “hadis syi’ah sudah mencukupi bagi syi’ah”….

    Artikel Keenam :
    ASWAJA SUNNi PALSUKAN AGAMA !!! KARENA TERBUKTi MAYORiTAS ALUMNi GHADiR KUM AKUi iMAMAH ALi WALAUPUN TiDAK MAU MEMBAi’AT

    Artikel Ketujuh :
    Aswaja Sunni Runtuh Karena Terbukti “TiDAK SEMUA SAHABAT NABi SAW ADiL”

    Artikel Kedelapan :
    1.TANDUK SETAN DARi NAJAD MENGGUNAKAN HADiS DHA’iF SYi’AH UNTUK MENUDUH SYi’AH SESAT…2.SYi’AH iMAMiYAH MENDHA’iFKAN RiBUAN HADiS KARENA SYi’AH SANGAT KETAT DALAM iLMU HADiS

    Artikel Kesembilan :
    1.Dua Belas khulafaurrasyidin syi’ah dizalimi rezim Umayyah Abbasiyah !!! 2.Pembantaian Massal Terhadap Pengikut Ahlul BAit !!! 3.Kekejaman Mu’awiyah Melebihi Fira’un !!! 4.Ijtihad Sahabat : Membunuh Cucu Nabi SAW, Imam Hasan AS.

    Artikel Kesepuluh :
    Mengapa Imam Ali dan Imam Hasan Membai’at ??? Imam Ali dan Imam Hasan Membai’at Karena Terintimidasi dan Mencegah Pertumpahan Darah Internal

    Artikel Kesebelas :
    1. Asy’ari, Maturidy, Empat imam mazhab sunni dan Imam Al Ghazali merupakan PEMiMPiN KEAGAMAAN YANG TiDAK DiTUNJUK OLEH ALLAH !!! 2.Aswaja Sunni meninggalkan ajaran ahlul bait !! 3.Al Quran dan ahlul bait adalah dwitunggal yang tak terpisah !

    Artikel Keduabelas :
    Wajah Allah ? Mata Allah ? Kaki Allah dan Betis Nya ? Bentuk Allah ?? Tangan Allah ? Dimanakah Allah ?

    Artikel Ketigabelas :
    SATU Dari TiGA WASIAT SAAT NABi SAW MENJELANG WAFAT DiSEMBUNYiKAN AGAR ASWAJA BiSA TEGAK !!!! DALiL iMAMAH iMAM ALi DAN 11 KETURUNAN NYA

    Artikel Keempat belas :
    Gusdur, Quraish Shihab, Umar Shihab dan Empat Ulama Al Azhar PEMBELA SYi’AH iMAMiYAH iTSNA ASYARiAH

    Inilah Daftar artikel Website http://syiahindonesia1.wordpress.com yang bisa anda nikmati di web ini ..
    Silahkan Nikmati :::

  6. akhi Syiah indonesia 1, blog antum tidak dapat kami akses. Mohon konfirmasinya… syukran

  7. […] Kehormatan Nabi Mulia Muhammad saw., Antara Pandangan Syi’ah Imamiyah dan Ahlusunnah wal Jama’ah… […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: