Al Allamah Sayyid Hussein Fadlullah Meninggal Dunia

Ayatollah Fadlalah Meninggal, Dunia Islam Berduka

SUMBER: Pikiran Rakyat Online

Senin, 05/07/2010 – 08:27

BEIRUT, (PRLM).- Pernyataan duka mengalir dari berbagai penjuru dunia Islam menyusul wafatnya ulama terkenal Syiah Libanon, Ayatollah Sayyed Mohammad Hussein Fadlalah pada usia 74 tahun. Ribuan pelayat, banyak di antara mereka menangis, berkumpul di luar masjid di pinggiran selatan Beirut, tempat tinggal Fadlallah untuk menyampaikan rasa turut berduka.

Dari pusat-pusat masyarakat Syiah di seluruh dunia berdatangan ungkapan duka, di samping rasa hormat terhadap kecendekiawanannya. Dia dihormati karena keberpihakannya pada kaum tertindas, dan upayanya untuk menggalakkan hidup berdampingan antara berbagai komunitas yang berbeda di Libanon.

Warisannya termasuk karya tulis yang cukup banyak mengenai Islam, dan yayasan amal dan pendidikan yang ia dirikan. Fadlallah, tokoh penting dalam pembentukan kelompok militan Hisbullah, dipandang sebagai pemimpin spritual setelah kelompok tersebut didirikan di tahun 1982.

Oleh Amerika Serikat, dia disebut sebagai teroris, namun memiliki banyak pengikut di kalangan kelompok Syiah, dan mendukung Revolusi Islam di Iran di tahun 1979. Tetapi menurut beberapa laporan, di kalangan Syiah, dia dikenal sebagai ulama yang memiliki pandangan moderat, terutama mengenai posisi wanita dalam masyarakat Islam,

Ayatollah sudah menderita sakit selama beberapa minggu, dan terlalu lemah untuk memberikan khotbah salat Jumat. Dia dilarikan ke rumah sakit hari Jumat, setelah dilaporkan menderita pendarahan.

Ketika berita kematiannya muncul, stasiun televisi Hisbullah, Al-Manar segera menghentikan program lain untuk menampilkan gambarnya disertai pembacaan ayat-ayat suci Alquran.

Sumber di rumah sakit Behman Beirut memberitahu kantor berita mengenai meninggalnya Fadlallah, sebelum seorang juru bicara ulama tersebut muncul dari dalam rumah sakit mengukuhkan berita.

Menurut laporan kantor berita “AP” yang dilansir “BBC”, di kawasan Haret Hreik, dimana Ayatollah biasa memberikan khotbah di Masjid al-Hassanayn, bentangan kain berwarna hitam segera dipasang, dan para wanita tampak menangis d jalan-jalan.

Dilahirkan dari keluarga Libanon, di kota suci Syiah Najaf di Irak, Fadlallah pindah ke Libanon di tahun 1966 setelah menyelesaikan pendidikannya. Dia banyak memiliki pengikutnya baik di Irak, maupun di Libanon, dan menyebar juga di kawasan Asia Tengah dan Teluk.

Dia dianggap sebagai penasehat spiritual Hisbullah ketika kelompok ini didirikan di tahun 1982. Pandangannya sejalan dengan pandangan Hisbullah yang antiIsrael, sehingga mendapatkan perhatian dari publik Libanon dan juga badan intelejen Barat.

Serangan bom mobil di tahun 1985 di Beirut yang menewaskan 80 orang banyak diduga sebagai usaha untuk membunuh sang ayatollah. Serangan itu diduga dilakukan oleh CIA, dengan bantuan badan intelejen kawasan yang bersahabat dengan dinas intelejen Amerika Serikat tersebut.

Di beberapa tahun belakangan, Fadlallah menjauhkan diri dari Hisbullah atas kedekatan kelompok tersebut dengan Iran, namun tetap menjadi pengecam kebijakan Amerika Serikat di Timur Tengan dan juga pengecam Israel.

Dia menyambut baik terpilihnya Barack Obama sebagai presiden Amerika di tahun 2008, namun tahun lalu menyatakan kekecewaannya atas tidak adanya kemajuan di Timur Tengah, dengan menyatakan Obama tidak memiliki rencana perdamaian ke kawasan. (A-147)***

==================================================================

.

Upaya BBC Ciptakan Friksi Allamah Fadlullah dan Iran

SUMBER: Irib

Tehran (IRIB News)-Hanya beberapa jam setelah Ayatullah Sayid Muhammad Hussein Fadlullah meninggal, televisi BBC berusaha mati-matian untuk meyakinkan publik bahwa ada friksi antara Allamah Fadlullah dengan Iran.BBC berusaha mengesankan adanya perselisihan ini di benak umat Islam, padahal dukungan terus-menerus Allamah Fadlullah atas Iran dan muqawama menjadi teori politik-agama paling penting bagi Syiah Lebanon.

BBC memuat laporan hari Ahad (04/7) dari wartawannya di Beirut dan menulis, Sayid Muhammad Hussein Fadlullah membantah hubungannya dengan Hizbullah. Namun berkat kehadiran sejumlah murid-muridnya di tingkat atas dan menengah gerakan muqawama Lebanon ini, ada wacana yang menyebutkan hubungannya dengan Hizbullah.

Pernyataan BBC ini tanpa memperhatikan betapa situs marji syiah Lebanon dalam masalah hubungan beliau dengan Hizbullah menurunkan tulisan dengan judul “Peran Ayatullah Fadlullah dalam Pembentukan Muqawama”.

Sekaitan dengan masalah disebutkan bahwa posisi dan peran kepemimpinan Fadlullah di Hizbullah menyebabkan beliau pernah sekali diculik dan empat kali diteror. Ditambahkan, keberadaan sejumlah murid Fadlullah di tingkat atas dan kepemimpinan Hizbullah lebih dikenal dengan sebutan Rijal Fadlullah (tokoh-tokoh Fadlullah).

Di sisi lain, Sayid Hasan Nasrullah, Sekjen Hizbullah beberapa saat setelah pengumuman meninggalnya Ayatullah Sayid Muhammad Hussein Fadlullah menyebut beliau sebagai “Ayah Muqawama”.

Sayid Hasan Nasrullah kemudian menyebutkan kenangannya ketika masih kecil ikut shalat di belakang Ayatullah Hussein Fadlullah. Dikatakannya, “Kami banyak belajar dari pidato-pidato beliau. Kami banyak mendapat petunjuk dari ucapannya. Buat kami perilaku dan akhlak beliau merupakan tauladan. Allamah Fadlullah adalah penuntun yang bijak, tempat pelarian yang kokoh dan pendukung yang kuat dalam perjuangan dan jihad.”

Fatwa Allamah Fadlullah

Di bagian lain dari laporan BBC, Allamah Fadlullah di tahun-tahun terakhir diperkenalkan sebagai ulama moderat terkait masalah sosial, khususnya wanita.

Ungkapan itu merupakan upaya BBC menggiring opini bahwa Allamah Fadlullah memiliki sejumlah fatwa khusus, tanpa menyebutkan secara transparan apa saja fatwa beliau terkait masalah ini. Karena semua tahu betapa perbedaan pandangan ijtihad bagi seorang marji merupakan hal yang wajar dalam wacana fiqih Syiah.

Di tingkat hauzah hal ini sendiri merupakan hal yang jamak terjadi. Belum lagi ada sejumlah fatwa yang dinisbatkan kepada beliau yang dikemudian hari dibantah oleh beliau sendiri atau kantornya dan sebagian lainnya mengalami perubahan.

Hubungan dengan Iran

Namun yang paling menggelikan dari laporan BBC berbahasa Persia yang menyebutkan, Sayid Hussein Fadlullah memiliki hubungan dengan para pemimpin Iran. Tapi hubungan ini setidak-tidaknya dalam beberapa tahun terakhir tidak terlalu hangat. Ayatullah Hussein Fadlullah sebagai ulama Syiah terbesar Lebanon berkali-kali mengeluarkan pernyataan yang mengkritik Iran dan Hizbullah!

Pernyataan provokatif BBC ini disampaikan tanpa memperhatikan kandungan 18 kali khutbah Jumat yang disampaikan sebelum Allamah Fadlullah berpulang ke rahmat Allah di Masjid Hasanain. Masalah dukungan beliau terhadap Iran dan masalah nuklir Iran menjadi tema sentral isi khutbahnya. Di samping itu, tidak ada satu delegasi Iran yang melawat Lebanon tanpa disambut hangat oleh beliau.

Dalam pertemuannya dengan Duta Besar baru Iran untuk Lebanon, Ayatullah Sayid Hussein Fadlullah meminta masyarakat Iran agar berpegang teguh dengan kepemimpinan Islam dan melanjutkan cara dialog dalam menghadapi pihak-pihak lain dengan senantiasa berpedoman pada hak legal nasional.

Marji Syiah Lebanon ini juga menyinggung pentingnya Deklarasi Segi Tiga Tehran antara Iran, Brazil dan Turki di bidang pertukaran bahan bakar nuklir untuk reaktor riset Tehran. Beliau mengatakan, “Amerika dan Zionis Israel begitu terpukul dengan adanya deklarasi ini. Karena mereka berpikiran bahwa politik Iran dikelola oleh pribadi-pribadi yang tidak memiliki pengalaman. Namun tiba-tiba mereka harus menghadapi kenyataan bahwa para politikus Iran merupakan tokoh-tokoh profesional.”

Selain itu, hubungan hangat dan timbal balik ini juga dapat dibaca dengan mudah dari pernyataan bela sungkawa para pejabat tinggi Republik Islam Iran mulai dari Presiden Mahmoud Ahmadinejad, Ali Larijani, Ketua Parlemen Iran, Menlu Manouchehr Mottaki hingga Ketua Dewan Penentu Kebijakan Negara Ali Akbar Hashemi Rafsanjani.(IRIB/SL/PH)

9 Tanggapan

  1. SEMOGA ALLAH MERAHMATI BELIAU DAN MENGUMPULKAN BELIAU BERSAMA DATUK-DATUK BELIAU; RASULULLAH SAW. DAN PARA IMAM SUCI AHLULBAIT AS.
    BELIAU TELAH BERJASA BESAR UNTUK UMAT DAN AGAMA KAKEK BELIAU SAW.

  2. mudah-mudahan semua amal dan jasa-jasa beliau diterima disisi-Nya.
    Saya memohon keikhlasan para pecinta Nabi dan keluarganya agar membacakan surah al fatihah dan pahalanya kita hadiakan untu arwah beliau… Al Fatihah…..

  3. Inna Lillahi Wa Inna Ilahi Rajiuun

  4. mudah-mudahan semua amal dan ibadah beliau diterima disisi allah swt……
    knjungi jg blog sy :
    areeve

    blog detik
    thanks………

  5. kata orang yg udah meninggal ini cerita penyiksaan fatimah oleh abu bakar/umar adalah fiktif. dasar bahlul.. orang kayak gini disanjung..?

  6. belum pernah ku jumpai wahabi yg berahlak…

    apa kitab beliau yg paling masyhur n ttg apa…?

  7. Saya Sunni, tapi termasuk pencinta beliau karena pemikiran-pemikirannya yang terbuka dan sejalan dengan alam modern. Juga usahanya untuk menggandengkan Sunni-Syi’ah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: