Imam Bukhari Membongkar Kedurhakaan Sahabat Nabi saw.

Imam Bukhari Membongkar Kedurhakaan Sahabat Nabi saw.

Bukanlah hal mengherankan jika para Nabi as. Dalam menyebarkan Risalah Allah SWT selalu mendapat gangguan bukan hanya dari kaum kafir yang terang-terangan menentang dan mengkafiri Da’wah mereka, tetapi juga datang dari orang dekat yang telah menyatakan dengan lisan mereka keimanan dan menjadi sahabat mereka!

Kenyataan ini pula yang dialami oleh Nabi tercinta kita Muhammad saw. beliau mendapat gangguan yang sangat berat dari sebagian sahabat dekatnya yang munafik sebagaimana diganggu oleh kaum kuffâr.

Imam Bukhari membongkar sekelumit dari gangguan kaum munafik tersebut.

Perhatikan data di bawah ini (Scan Shahih Bukhari):


.

Shahih Bukhari_jld_2_cover Cet. Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah

.

Shahih Bukhari Jld 2, hal 389. Cet. Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah

.

3405: … Abu Wail berkata, “Aku mendengar Abdullah ra. berkata, ‘Nabi saw. membagi bagikan rampasan perang, lalu ada seorang laki-laki berkata, ‘Ini pembagian bukan karena Allah! Lalu aku datangi Nabi saw. dan aku kabarkan hal itu kepada beliau, maka beliau marah berat, sampai-sampai aku menyaksikannya dalam raut wajah beliau. Kemudian beliau bersabda, ‘Semoga Allah merahmati Musa saudaraku, ia telah diganggu lebih dari ini dan ia pun sabar.’”
.

.

Ibnu Jakfari berkata:

Apakah sahabat yang satu ini termasuk juga yang adil?

Yang dibanggakan Allah dan Rasul-Nya?

Yang pantas diandalkan dalam menukil agama?

11 Tanggapan

  1. subhanallah, begitukah tabiat sahabat sebagai panutan muslimin? sama sekali aku tak percaya kalau itu suara sahabat. ataukah kita yg salah mengartikan sahabat Nabi saw selama ini. yaa Allah berilah petunjuk ke jalan yg benar dan jauhkanlah dari mengikuti sahabat nabimu yg seperti ini.

  2. Salam……….
    Thanx ustadz, tp mungkin ustadz bs lebih menjelaskan siapa yg telah berkata sprt itu kpd Nabi SAW ? Adakah dia jg meriwayatkan hadits Nabi SAW ?

    Ibnu Jakfari:

    Memang tidak mudah menemukan nama-nama para pengganggu Nabi saw. sebab sering kali nama-nama mereka sengaja disembunyikan…. mungkin takut kita tidak percaya lagi kepada nama-nama yang serantara ini terlanjur kita kagumi.

  3. dikalangan suni juga ada yang nashibi alias benci ahlulabit/ kelarganya nabi mas… jadi suni yang gituan perlu diberi pelajaran juga biar tau diri….
    kalau suni yang muhibbin mereka mah saudara sehati kita (Syi’ah Ali)…

  4. ORANG ITU JELAS SAHABAT KEPARAT!!!!
    BERANINYA IA MENUDUH NABI ALLAH TIDAK ADIL………
    YANG GILA LAGI YANG MAU MENELAN MENTAH-MENTAH KEADILAN SAHABAT GITUAN

  5. kalaupun kita meneliti hal ini, hanya semata biar kita obyektif dan proporsional……..saat betul kita katakan betul, jika pas gak beres maka kita gak perlu susah2 cari pembenaran. makane… AL ILMU QABL AL- QAULI WA AL-‘AMAL, kata iamam Ali (As)

  6. Tapi kebanyakan islam kita dah terlanjur mengelu-elukan sahabat Nabi SAW,bahkan dalam ibadah,doa.klo dinasehati bisa terjadi percekcokan.angel iki/sulit sekali.Dengan banyaknya artikel seperti ini sangat membantu pemahan yg benar.Semoga tokoh2 kita (ahlul bait) banyak yang memegang kekuasaan strategis, sehingga bangsa kita akan berkemakmuran dan Islam semakin berjaya.

  7. Soal ada diantara sahabat yang durhaka itu wajar lah. Masuk akal dan nash-nash agama pun membenarkannya. Yang tidak wajar adalah paham bahwa seluruh sahabat adil sebagaimana paham Ahlusunnah. Paham seluruh sahabat adil adalah batil karena bertentangan dengan nash dan irrasional.

    Nash agama menyatakan Abu Bakar pun sering berbuat durhaka pada Nabi; Lari dari peperangan dan diakhir hayat Nabi.saw beliau membangkang terhadap perintah Nabi.saw.

    Abbas Bin Abdul Muthalib (paman Nabi.saw) menyatakan Abu Bakar sebagai Pendurhaka, sementara Imam Ali mengatakannya sebagai Pendosa, Pembohong dan Pengkhianat.

    Jadi, kalau nash sudah jelas mengapa harus ditutup-tutupi?
    Ahlusunnah wajib menyembunyikan masalah ini agar mazhab mereka dapat bertahan.

  8. Syiah tidak akan pernah paham ta’rif sahabat.

  9. […] Imam Bukhari Membongkar Kedurhakaan Sahabat Nabi saw. […]

  10. Syiah koq kerjanya menjelek-jelekkan sahabat nabi terus.. Padahal saya Muslim dari kecil tidak pernah diajarkan untuk menjelek-jelekkan jelekan siapapun apalagi sahabat Abu bakar sidiq seorang sahabat nabi yang masuk Islam pertama kali dan yang membantu nabi lari dari kejaran kaum kafir Quraisy pada saat hendak di bunuh.. Bagi saya semua sahabat mulia, Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali.. Jangankan menjelek-jelekkan jelekan sahabat nabi, menjelek-jelekkan jelekan teman juga itu dosa apalagi memecah belah umat Islam dan membuat kerusakan di muka bumi. Sadarlah kalian Syiah… Selama blog ini masih ada, dosa nya akan terus mengalir walaupun kalian sudah meninggal.. Jangan menyebar fitnah tentang apa yang tidak engkau ketahui secara pasti.. Apalagi terhadap orang orang terdekat nabi.. Nauzubillah.. Allhahuma soliwasalim’ala Muhammad Wa’alaali Muhammad..

  11. Syiah Koq kerjanya menjelek-jelekkan sahabat nabi aja. Padahal saya Muslim dari kecil tidak pernah diajarkan untuk menjelek-jelekkan orang lain karena itu dosa. Menjelek-jelekkan teman, tetangga, saudara, apalagi para sahabat nabi orang orang yang masuk Islam pertama kali.. Itu sangat berdosa dan dzalim. Mereka adalag Orang orang yg ikut berjuang bersama nabi di awal awal penyebaran agama Islam.. Kalian kaum Syiah abad ke 21 sehebat apa kualitas keimanan dan ketakwaan kalian sampai sampai kalian mengklaim layak untuk memberikan ejekan, hujatan, hinaan, bahkan fitnah terhadap para sahabat nabi. Selama tulisan di blog ini masih ada dosa kalian akan terus mengalir hingga hari kiamat Nauzubillah.. Daripada memperbanyak dosa dengan cacian, hinaan, dan fitnah kalian Syiah lebih baik melakukan Amar ma’ruf nahi mungkar.. Penuhi bumi Allah ini dengan kebaikan, persaudaraan dan hindarkan dari perselisihan.. Saya Muslim menghormati dan mencintai semua Muslim.. Teman Muslim, tetangga Muslim, guru Muslim, ustad Muslim, ulama, pemimpin muslim, apalagi para sahabat nabi.. Abu bakar, Umar, Utsman, dan Ali.. Mereka semua berjasa dalam perkembangan Teknologi slam. Islam melarang kita untuk menjelek-jelekkan jelekan sesama muslim apalagi para sahabat nabi yang berjuang untuk Islam dan membantu Nabi dalam penyebaran Islam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: