Potret Sahabat Agung Kebanggaan Salafy-Wahhabi (1): Samurah bin Jundub

Potret Sahabat Agung Kebanggaan Salafy-Wahhabi (1): Samurah bin Jundub

Keadilan seluruh sahabat adalah doktrin andalan IslamSunni khususnya Salafy/Wahhabi…والصحابة رضي الله عنهم كلهم عدول باتفاق اهل السنة والجماعة )  Doktrin ini benar-benar menjadi garis merah… Siapapun yang berani mendekati apalagi menerobosnya berarti harus siap menjadi sasaran meriam vonis sesat bahkan bisa jadi dikafirkan.

Konsep keadilan Sahabat begitu dibanggakan dalam membangun doktrin agama… mereka adalah panutan dan bak bintang gemintang dengan siapa dari para sahabat umat Islam perpegangan past ia mendapat petunjuk Allah ke shirâth mustaqîm.

Banyak potret cemerlang para sahabat panutan Ahlusunnah yang mungkin pantas disimak dan diperhatikan untuk “ditiru dan diteladani”. Di bawah ini saya sajikan satu dari sekian banyak potret cemerlang membanggakan sahabat panutan Ahlusunnah.

Samurah bin Jundub Sahabat Panutan Ahlusunnah (khususnya Salafy/Wahhabi)

Untuk mengenal keshalehan dan ketaqwaan Samurah bin Jundub, mari kita simak laporan Imam Muslim dalam kitab Shahih-nya (kitab tershahih setelah Al Qur’an suci wahyu ilahi dan Shahih Bukhari). Imam Muslim meriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbâs ra., ia berkata,

Telah sampai kepada Umar bahwa Samurah menjul khamr (miras), lalu ia berkata, ‘Semoga Allah membinasakan Samurah, tidakkah ia mengetahui bahwa Rasulullah saw. bersabda ‘Semoga Allah melaknat bangsa Yahudi, telah diharamkan atas mereka gajih lalu mereka membekukannya kemudian menjualnya.’” [1]

Jelas sekali di sini bahwa sahabat panutan yang satu ini telah berdagang khamr sementara ia megetahui Rasulullah saw. telah mengharamkannya. Kerena itu, Khalifah Umar begitu keras mengecamnya.

Tidak cukup sampai di sini “keshalehan” dan “ketaqwaan” sahabat panutan yang wahid ini; Samurah ia juga terbukti banyak melakukan kejahatan yang mengerikan dan sangat bertentangan dengan agama dan kemanusiaan, seperti membunuh jiwa-jiwa terhormat yang diharamkan untuk dibunuh!

Perhatikan data di bawah ini (yang sengaja disembunyikan banyak kalangan demi kehormatan para sahabat panutan). Imam ath Thabari melaporkan dalam Târîkh-nya,4/176  tentang peristiwa-peristiwa tahun 50 H. dengan sanad bersambung kepada Muhammad bin Sulaim, ia berkata,

Aku bertanya kepada Anas bin Sîrîn, ‘Apakah Samurah pernah membunuh seseorang?’ Ia menjawab, ‘Apakah dapat dihitung orang telah dibantai Samurah bin Jundub? Ia ditunjuk menggantikan Ziyâd memimpin kota Bashrah lalu Ziyâd pergi ke Kufah, sepulangnya dari Kufah, Samurah telah membunuh delapan ribu orang Muslim. Lalu ditanyakan kepadanya, ‘Apakah engkau tidak takut telah membunuh seseorang yang tidak layak engkau bunuh? Ia menjawab, ‘Andai aku bunuh lagi sejumlah yang telah aku bunuh aku tidak takut apapun!’”

.

Ath Thabari juga melaporkan dari Abu al Aswad al Adwi, ia berkata,

“Samurah telah membunuh pada suatu pagi 47 (empat puluh tujuh) orang yang telah menghafal Al Qur’an.”

.

Ibnu Jakfari berkata:

Inilah sekilas potret cemerlang sang sahabat panutan yang dibanggakan Ahlusunnah sebagai hasil didikan langsung Rasulullah saw. yang wajib atas setiap Muslim menghormati dan memohonkan keridhaan Allah atasnya!

Selamat meneladani sabahat agung panutan kebanggan Ahlusunnnah! Dan selamat pula atas kalian yang membanggakan keadilan sahabat bertaqwa dan shaleh seperti Samurah! Dan jangan lupa kalian memohon kepada Allah agar dikumpulkan kelak bersamanya di akhirat ketika Samurah disambut para bidadari dan arak menuju surga ‘Adan bersama para nabi, shiddiqin dan kaum shalihin!    


[1] Shahih Muslim,5/41 bab Tahrîm al Khamr wa al Maitah (Diharamkannya miras dan bangkai).

13 Tanggapan

  1. @jakfari
    Alinea / paragraf terakhir dari tulisan tersebut selayaknya Anda edit, misalnya dengan kalimat berikut:

    “Potret sahabat tersebut tentu tidak layak untuk ditiru”.

    atau

    “Ternyata ada sebagian sahabat Nabi yang menyimpang perilakunya.”

    Komentar tambahan:
    Anda adalah seorang ustadz. Marilah kita jaga lisan dan jari-jari kita untuk tidak berkata (menulis) kecuali perkataan yang baik.

    Salam,

    Abu Yusuf

    • bukankah kalau baik itu harus dikatakan baik, dan yang buruk itu harus dikatakan buruk?

      ane juga yakin maksud dari jakfari ini bukanlah untuk mencela sahabat, tapi mengkritisi sahabat.

      hal ini supaya umat sunni bisa memahami umat syiah, bahwa tidak semua sahabat itu adil.

    • Jk mmg ada sahabat yg jelek ya mesti dikatakan jelek. Klau dikatakan baik sama sj kita tipu diri sendiri dan org lain atau kita pembohong memanipulasi sejarah sahabat. Pikirkanlah.

  2. kalau panutannya aja begitu ya ngggak salah kalau pengikutnya jadi haus darah dan jadi PREMAN BERJUBAH!!

  3. Tapi kata pak kiai di kampongku biar begitu yang penting tetap harus dIRADHIYALLAHUkan terus sebab dia sahabat!
    Asyik ya agamanya pak kiai itu?!
    DASAR JENIUS

    • apakah pak kyaimu itu orang yang tidak pernah berdosa?

      om, sahabat itu hanya istilah bagi orang orang yang pernah bertemu dengan Nabi SAW walaupun hanya satu hari.

  4. Aswrwb…jika saya lihat situs ini,..sedih saya melihatnya, disana-sini ada hujatan, pengkafiran, pengambilan dalil, tanpa perawi yang lengkap dan tingkatan dalil itu sendiri…saya sedih, karena orang islam saling mencaci…tanpa disuruh..tentu yang tertawa adalah kaum kafir dan munafik…mari ..seharusnya rapatkan barisan, perkuat ukhuwah islam, pantas Rosul SAW menyatakan jihat yang paling tinggi adalah melawan hawa nafsu, orang belajar islam hanya untuk berdebat, menghina suatu kaum, memojokkan kaum yang lain….kalau mau berdebat…jangan di face book, kASIHAN ORANG AWAM, tapi buatkan suatu tempat lalu hadir disitu bawa rujukan kitab masing-masing…lalu putuskan apa jalan keluarnya…memalukan…..terlalu…alangkah indahnya islam jika di pelajari untuk di amalkan…bukan di perdebatkan, jangan menggali perbedaan yang sudah ada, karena itu sesungguhnya menyesatkan, tapi mari cari kebersamaan untuk menegakkan ISLAM, “karena sesungguhnya islam. tidak akan berjaya kecuali dengan cara yang pernah membuatnya bejaya”, Wsslam

    • Baca dan buka sejarah om. Islam dahulu hanya berjaya dr jaman nabi sd ali dan hasan. Setelah itu keok dan hanya mengumbar nafsu dan kursi kalifah. Bisakah dijawab kenapa sekarang saling bunuh sesama muslim? Mana yg halal darah yahudi atau muslim? Kenapa islam bisa lenyap dieropa pd abad pertengahan? Jayakah jk hanya membunuh sesama muslim?

  5. masih pantaskah manusia seperti itu… di katakn sahabat nabi…????
    tidak…!!!

  6. Seharusnya artikel ini bisa dibuat lebih inspiratif lagi sehingga bisa membuat saudara2 kita kaum sunni membuka mata akan realita yg sesungguhnya. Blog ini bagus, isi juga bermutu cuman kalo ada sedikit saja niat memprovokasi pihak manapun itu sangat disayangkan. bukankah Allah dan Rasul-Nya saww menyuruh kita untuk “tawashou bil haqqi wa tawashou bis shobri”. Blog ini menurut saya sudah tawashou bil haqqi tapi belum tawashou bis shobri. Kita tidak bisa secara instan merubah pandangan apalagi keyakinan seseorang, oleh karena itu perlahan-lahan marilah kita niatkan untuk menyadarkan saudara kita yg agak tersesat atau lebih tepatnya “kurang tahu” tentang realita2 yg ada di sejarah agama kita. Bukankah anda lebih senang melihat saudara kita kaum sunni merapat dan bergaul dengan kita tanpa ada perasaan benci dan dengki??? Tirulah Syarafuddin al Musawi, Muthohhari dkk yg selalu menganggap kaum sunni sebagai saudara!
    ini hanya saran dari seseorang yg baru saja memeluk syi’ah. bagaimanapun juga saya sangat bersyukur dengan adanya blog ini.

    ___________
    Ibnu Jakfari:

    Syukron akhi atas saran dan nasehatnya, Insya Allah dipehatikan
    Jangan lupa doanya untuk kami. Jazakumullah Khair.

  7. kasihan, si syiah terlaknat…..perhatikan saja imam2mu yg kamu anggap maksum itu, seperti si khumaini….dia jauh lebih tinggi dari si khumaini, para pembaca jgn heran, ini merupakan adu domba tuk membenci para sahabat…maklum, mereka syiah kan mengkafirkan semua sahabat kecuali beberapa orang saja….

    • @pecinta salaf sdh sejahtera bukan krn Allah tp harta dr yayasan yg didapat dr arab saudi yahudi. Bertingkah seenak perutnya merasa ada beking amrik di belakangnya. Kau takkan bisa menghindar krn dgn uang harammu itu aku bisa membuktikannya. Smg Allah memberi hidayah kpdmu kembali ke jln lurus dan sumbangkan uangmu kpd fakir miskin yg butuh.

  8. […] Potret Sahabat Agung Kebanggaan Salafy-Wahhabi (1): Samurah bin Jundub!Samurah bin Jundub […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: