Bagaimana Cara Siti Aisyah ra. Mengajarkan Mandi Jenabat Kepada Kaum Pria?

Bagaimana Cara Siti Aisyah ra. Mengajarkan Mandi Jenabat Kepada Kaum Pria?

Pengajaran khususnya dalam masalah fikih dengan cara praktek langsung adalah bagus dan lebih berkesan! Mungkin karena itu, Siti Aisyah melakukannya. Imam Bukhari meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya dari Abu Salamah, ia berkata:

.

باب الغسل بالصاع ونحوه حدثنا عبد الله بن محمد قال حدثني عبد الصمد قال حدثني شعبة قال حدثني أبو بكر بن حفص قال سمعت أبا سلمة يقول دخلت أنا وأخو عائشة على عائشة  فسألها أخوها عن غسل النبي صلى الله عليه وسلم فدعت بإناء نحوا من صاع فاغتسلت وأفاضت على رأسها وبيننا وبينها حجاب “”

“Aku bersama saudara Aisyah menemui Aisyah (di rumahnya), lalu ia bertanya kepada Aisyah bagaimana Nabi saw. mandi? Maka ia meminta disiapkan se-ember air lalu  ia mandi dan menuangkan air ke kepalanya. Sementara antara kami dan dia ada hijab.” (Shahih Bukhari, Kitabul Ghusl, Bab al Ghusl Bish Shoo’i Wa Nahwihi/Kitab tentang Mandi, Bab Mandi Janabat dengan air satu Sha’ dan semisalnya. hadis dengan nomer:248)

Hadis ini dapat anda lihat juga di situs Kementrian Agama Saudi Arabia disini:

http://hadith.al-islam.com/Page.aspx?pageid=192&BookID=24&TOCID=178

.

Ibnu Jakfari Berkata:

Para penysrah Bukhari segera menyambut gembira apa yang dilakukan Siti aisyah itu. Mereka segera mengatakan bahwa mengajarkan sebuah masalah dengan langsung praktek itu adalah mustahab/baik dan dianjurkan! Qadhi Iyâdh (seorang Fakih bermazhab Maliki) menegaskan bahwa yang tanpak dari riwayat itu bahwa kedua pria itu menyaksikan langsung apa yang dikerjakan Aisyah dan memandang kepala Aisyah dan bagian atas badannya yang masih halal dilihat oleh kaum pria yang masih mahram (ada hubungan kekerabatan baik secara nasab ataun karena saudara sesusu_pen), sebab Aisyah adalah Khalah (saudara dari sisi ibu) Abu Salamah. Abu Salamah disusui oleh Ummu Kultsum saudara Aisyah.

Bagian tubuh yang Aisyah tutupi hanyalah bagian bawah saja yang haram dilihat muhrim! Ia menambahkan, “Jika tidak demikian, maka apa yang dilakukan Aisyah itu tidak ada artinya. Dan pada apa yang dilakukan Aisyah itu terdapat disunnahkannya mengajar dengan praktik langsung”. Kerena ia lebih berkesan. Status Abu Salamah yang dikatakan oleh Qadhi Iyâdh sebagai keponakan sesusu mengingatkan kita kepada sebuah fatwa Aisyah yang sangat kontroversial, di mana Aisyah membolehkan seorang pria dewasa (walaupun sudah berjenggot sekali pun) untuk menyusui (langsung atau tidak) kepasa seorang wanita ajnabiyah/asing. Dan dengan demikian ia sah menjadi anak sesusu/radhâ’ah. Fatwa Aisyah itu ditentang oleh istri-istri Nabi lainya. Mereka tidak mau melakukannya dan tidak menganggapnya dapat menjadikan pria asing itu sebagai keluarga!

Terlepas dari benar atau tidaknya apa yang dikatakan Qadhi Iyâdh tentang status Abu Salamah, saya hendak bertanya kepada Anda:

1. Jika ada kaum pria datang menemui istri Anda dan bertanya bagaimana cara mandi jenabat menurut Islam, lalu istri Anda mengajarkan dengan cara seperti apa yang dilakukan siti Aisyah, apa kira-kira sikap Anda?

2. Ibnu Hajar dan Qadhi Iyadh membongkar bahwa Abu Salamah termasuk yang disusui oleh saudari Aisyah yang bernama Ummu Kultsum (tentunya di kala Abu Salamah sudah dewasa, bukan di saat bayi)! Aisyah membuka bagian atas tubuhnya sementara bagian bawahnya beliau tutup. Bagaimana menurut pandangan Anda?

3. Apakah anda percaya bahwa Nabi saw. pernah bersabda, “Ambillah separoh agamamu dari Humairâ’! maksud beliau adalah Aisyah?! Atau jangan-jangan hadis itu adalah kepalsuan belaka demia menjunjung nama Siti Aisyah ra.?!

4. Bukankah riwayat-riwayat seperti ini jelas-jelas menghina Siti Aisyah ra.?! Lalu mengapakan Kaum Wahhabi dan Nashibi selelu menuduhkaum Syi’ah sebagai yang menghina Siti Aisyahdengan tujuan mengadu domba dan menyulut perpecahan dan permusuhan antara Dua Kelompok Besar Umat Islam!

9 Tanggapan

  1. situs yg penuh dg penghancuran Islam.

    ____________

    Ibnu Jakfari:

    Mas Ibrahim, dimana bukti penghancuran Islam? Bukankah kami lebih membela Istri Nabi saw dan Nabi saw dari hadis-hadis yang melecehkan Istri Nabi saw yang kebenarannya perlu dipertanyakan?

  2. berarti riwayat2 tsb palsu semuanya ya?

  3. Sory aq hanya cukup mengocopy karena bagiku utkmenjawab wahabi ini hanya cukup copy supaya tdk membuang buang energy
    klo d sampaikan kebenaran d katakan mefitnah n benci itulah wahabi ooooh tambah lagi mengadu domba katanya wahaby(senjata mutakirnya)
    padahal dah d dukung fakta n bukti
    jadi g buang2 energi deh utk menjawab pr wahabi
    kamu memang wahabi yg asli bukan salafy
    tapi kamu malu menerima nama wahabi maunya pakai nama salafy
    biar orang pada g ngerti trus terjebak dg nama salafy klo kamu yg bener n aslinya wahabi
    salafy untuk menutupi wahabi ngapusi ciri khas wahabi, bukan ciri2 salafy yg asli pewaris nabi
    tp kamu malu d undang nama wahabi, katanya kembali ke quran n hadis yg murni setelah d ikuti
    ternyata itupun ngapusi alias gataki
    *nyatanya klo d tunjunjuki hadis n quran nya malah memaki sekarang sampai d pondok2 yg ada d plosok2 pun banyak yg ngerti klo itu hanya promosi
    trus pd lari dan kembali ke pemahaman semula yg d wariskan ulama pewaris nabi
    bukan pewaris ulama wahabi abdul wahab ibnu taimiyyah ,binbaz dan yg lain2 lagi
    oh yaaa al albani aku meh lali ngko ndak meri.

  4. ada lagi yang ngaku mantan kyai tapi ngaji d pondok mana n gurunya sapa nggak ngerti wong kyai kok difinisi bidah n syrik nggak mudeng terus d timggal santri2 nya ngaku mantan kyai. kalau figur kyai asli nggak cirikhasnya gak gitu , paling itu foto copy ( ato mungkin yg biasa jual obat / ramalan di pinggir jalan.dah g laku lagi ) malah ini hampir menyerupai
    JAWABAN HARUS / WAJIB PAKAI DALIL QUR’AN N HADIS SHOHIH G BOLEH NGARANG SENDIRI AKU HANYA MENIRU SEPERTI KATA USTAD2 WAHABI
    PAK YAI MO NANYA NIH YI, NIKAH HUKUMNYA APA YIi ? (buat mantan kyai NU NIH )
    ROSULULLAH NIKAH NDAK YI ? ( juga buat mantan kiay NU )
    ROSULULLAH PUNYA BUKU NIKAH NDAK YI ? ( MASIH UNTUK MANTAN KYAI NU MALAH INI INTINYA )
    LHA SEKARANG PAK YAI NIKAH NDAK ? YG FAIR YA YI ( MANTAN KYAI NU LAGI )
    PUNYA BUKU NIKAH NDAK YI ? JAWAB YA YI EEEEEEHHHHHHH BUKU NIKAH ITU KAN BERARTI BIDAH YA YI KAN ROSULULLAH NGGAK PERNAH PAKAI BUKU NIKAH ( tdk pernah d contohkan) …………………………………………….. HAHAHAHAHAAHAAAHAHAHAHA
    itukan bukan ibadah…………………Kata pak mantan kiay n dikuti para santri pengikut wahabi .kaya kooor yg udah d atur rapi.

  5. anda sebagai syiah tidak perlu mengais2 dan mencari2 alasan didalam kitab ahli Hadits, karena anda hanya bertaqiyah, anda tidak menerima sedikit pun hadits yang telah disepakati ulama, apa lagi hadits bukhari tidak anda terima, lalu anda mencari2 hal-hal di dalamnya untuk menjadi alat untuk menyerang Ahlu Sunnah.

    contoh diatas saja anda berani berdusta mengatasnamakan pensyarah Bukhari padahal itu murni perkataan anda sendiri. hadits ini sangat jelas dan dipahami, di antara kami ada hijab. apakah anda tidak paham dan mengerti apa itu hijab lalu anda dengan mudah mengatakan Aisyah membuka pakaian kecuali bagian yang diharamkan?

    sikap dusta dan taqiyah hanya menunjukan jati diri anda sendiri sebagai penghikut hawa nafsu bukan pengikut Tuhan. yang memperturukan hawa nafsu sampai mengerjakan perbuatan dusta. bohong…fitnah

    Ibnu Jakfari:

    Dari pada menuduh saya memalsu keterangan dari pensyarah Bukhari, lebih baik Anda bertanya langsung ke kyai atau ustadz Anda biar dia membecakan kitab tersebut! Nanti Anda pasti akan malu mengulangi tuduhan seperti itu!!

  6. ya iyalah..itu murni pendapat anda, bukan pensyarah yang menyatakan tersebut.. tapi anda.

    haditsnya sudah sangat jelas mau anda selewengkan. makna hijab disni sudah sangat jelas. anda masih mau mendustakan?

    tidak perlu bertaqiyah. sikap dusta dan mencari-cari kesalahan adalah perilaku pengikut hawa nafsu. bukan pengikut Allah..

    apalagi sampai berpura2 seperti munafiq. mendustakan kebenaran

    • @izmy;
      kalo pake hijab artinya gak bisa liat sama sekali ya?
      trus ngapain mengajari/minta diajari CARA mandi janabah kalo gak bisa liat sama sekali?
      kalo bisa liat sedikit, atau samar-samar (siluet), itu termasuk hijab apa bukan?
      mungkin mas izmy bisa jelaskan disini hijab seperti apa yang dipake waktu itu.. terima kasih..

  7. beginilah jika ditunjukkan kebenaran, membela mati2an, padahal siapa sih istri Nabi yang di kecam aquran

  8. […] Bagaimana Cara Siti Aisyah ra. Mengajarkan Mandi Jenabat Kepada Kaum Pria? […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: