Ahlusunnah Kehilangan Puluhan Ribu Hadis Shahih!

Ahlusunnah Kehilangan Puluhan Ribu Hadis Shahih!

ِAda anggapan sebagian pemula bahwa Sunnah Nabi saw. telah terangkum dalam kitab-kitab hadis standar Ahlusunnah yang ditulis para ulama dan ahli hadis! Sehingga mereka merasa tentram bahwa Slogan yang selalu mereka dengar agar umat Islam kembali kepada Al Qur’an dan Sunnah Nabi saw. dapat diwujudkan dengan mudah! Sebab Al Qur’an tertulis dan terangkum lengkap dalam mushaf sedangkan Sunnah Nabi saw. juga terekam dengan utuh!

Tetapi, sepertinya angggapan para pemula perlu dikasiani! Sebab ternyata hadis-hadis Nabi saw. yang hendak mereka andalkan itu ternyata banyak yang telam musnah ditelan keganasan zaman! Tidak sampai kepada umat Islam melainkan hanya sedikit saja!

.

.

.

.

Al Iraqi -seperti Anda saksikan dalam scan di atas, menolak mentah-mentah angggapan lugu dan awam seperti itu! Ketika ada anggapan bahwa kitab-kitab hadis standar seperti lima kitab Ushul (induk) yaitu Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan at Turmudzi dan Sunan an Nasa’i telah memuat hampir seluruh hadis/Sunnah Nabi saw…. dan tidak luput dari rekamannya melainkan hanya sedikit! al Iraqi berkata: Anggapan itu tidak tepat! Sebab:

Berdasarkan ucapan Imam Bukhari: Aku menghafal seratus ribu (100.000) hadis dan dua ratus ribu (200.000) hadis tidak shahih.!

Anggapan Kurang Berdasar!

Ada sebagian orang beranggapan bahwa yang dimaksud dengan jumlah  di atas adalah dengan menghitung berbagai jalur untuk satu hadis misalnya. bukan jumlah hadis itu sendiri! Tetapi anggapan ini telah tidak berdasar!

Kenyataan Pahit!

Seperti diakui oleh Imam as Suyuthi bahwa kenyataan yang terjadi bahwa jumlah hadis yang sekarang beredar dan terangkum dalam berbagai kitab hadis tidak sampai seratus ribu jumlahnya… Bahkan lebih pahit lagi -seperti diakui Imam as Suythi sendiri- bahwa jumlah hadis yang masih tersisa tidak juga sampai lima puluh ribu hadis!

Itu Artinya!

Itu artinya bahwa umat Islam Sunni kehilangan hadis dalam jumlah yang sangat banyak!

Kemanakah raibnya hadis-hadis Nabi saw. itu?

Mungkinkah Anda sanggup mengamalkan Sunnah Nabi saw. jika kenyataannya bahwa lebih dari separuh atau lebih dari Sunnah Nabi saw. itu telah musnah ditelan zaman?!

hanya Allah yang Maha Mengatahui derita yang dialami umat Islam ini!

Inna Lillahi wa Inna Ilaihi raji’un!

17 Tanggapan

  1. ayat Al qur’an aja kata mereka hilang di makan kambing kok ..

  2. Bahas hadits2 salafy saja kang.. Lebih lucu..
    Atau bahas muka nya ulama salafy yg rata2 jelek. Tanya kenapa?

    Hehe

  3. Kang Ahmad, memangnya kambing arab suka ngaji juga kah? wah bisa jadi qari’ juara nanti

  4. waduuh bisa bahaya ya kalau hadisnya banyak yang hilang…

  5. Astagfirullah hal,adhim. Mungkin kta umat islam skrang dlm azab allah.mkin keimnan kta kpd allah blum kuat mnurut allah ta,ala.wlau mnurut kta sangat kuat.mka bla yg kta trima….mungkin begitu,yg tau juga allah aaza wajallaa…..

  6. Kehilangan atau di hilangkan atau sudah d Musnahkan,,!?, kalau hilang berarti hadits2nya masih ada kok,,, kalau d cari apakah masih di perlukan
    ,!!?…

  7. Lebih baik banyak hadist yang hilang dari pada hadist yang palsu dipakai..

    • Wasiat nabi itu untuk mencatat al quran dan telah dilaksanakan oleh ali bin abi talib n zaid bin tsabit n disyahkan oleh kalifah usman. Nabi melarang menuliskan sunah2nya, dan ditaatti oleh 4 kalifah pertama. Mulai jaman muawiyah bin sufwan bin kafir hadis palsu diperintahkan ditulis. Pdhal wasiat nabi hanya al quran dan itrah ahl bayt. Ada 34 jalur ttg hal ini di hadis sahih aswaja.

  8. pernyataan imam hadisttentang sedikitnya hadish shohih adalah hadist shohih yg beliau hafal karna keterbatasan mrk, ahlusunah tdk membataskankan ulama hadist kpd 6-9 orang, tapi masih buanyak lagi kitab hadis. adapun hadist2 syiah campur aduk antara sabda rosulullah, dg imam syiah yg dianggap maksum, smentara suni tdk meyakini kemaksuman manusia kecuali para rosulullah.

  9. dah dibahas tuntas oleh ustadz firanda andirja di buku “Ketika Sang Habib Dikritik” dan http://firanda.com/index.php/artikel/bantahan/204-habib-munzir-berbicara-tentang-ilmu-hadits-seri-2
    dengan dalil-dalil akurat, baca saja kalo mau.
    Intinya, ya ratusan ribu itu berdasar berbagai jalan dan pengulangan, bisa jadi 1 hadits diriwayatkan dari ratusan jalan, dan itu dihitung sebagai hafal ratusan hadits.
    Jangan khawatir kalo minta bukti, disitu dijelaskan kok bukti-buktinya, berikut ucapan ulama tentang maksud imam bukhori

    semoga Alloh yang berada di atas arsy menunjuki kita semua

  10. @ Abu Muhammad blog emang Allah ada tempat apa?’ kalau Allah ada di arsy menurut anda gimana turunnya dong?,

  11. dalam riwayat pernah saya baca bukhari adalah muhadist tertinggi yg menghapal hadist. bahkan ia dinobatkan sebagai rajanya/imam hadist karena hapalannya mencapai 600 ribu hadist bahkan ada yg mengatakan 1 juta hadist. imam muslim 300 ribu hadist, imam an nasa’i, turmidji, daraqutni, darimi al-hakim ahmad bin hambal rata 2 mereka diberi gelar imam karena sudah menghafal 300 ribu hadist jika dibawahnya mereka digelar alhujjah dan dibawahnya lagi al-hafiz yg hanya menghafal sekitar 100 ribu hadist seperti ibnu hajar.

    jika kita total semua hapalan imam-imam hadist maka antum akan terkejut karena jumlahnya mencapai jutaan. Tetapi dalam kitab kutubus as sittah + kitab tarikh + kitab lainnya dari imam kutubus as sitah, jika antum total jumlahnya tak mencapai 100 ribu hadist. Lalu kemana hadist2 yg lainnya ?????

    kalo menurut firanda hadit2 tersebut hanya berbeda dari segi sanadnya saja maka hadist2 ttg (telaga) al-haud dari bukhari, muslim dan ahmad cukup satu saja tetapi kenyataannya tidak seperti itu.bahkan hadist dari bukhari dan muslim serta ahmad rata2 lebih dari 3 matan yg sama tapi perawinya berbeda.

    SIAPA YG BISA MENJELASKAN INI JIKA BERKEYAKINAN HADIST YG BANYAK HILANG TERSEBUT KARENA PERSAMAAN SANAD SAJA

  12. syiah bohong & bodoh!!!!!!!yang benar itu ahlussunnah, syiah bodoh!!!

  13. artikel picisan, 1 matan dgn 10 sanad yg berbeda saja sudah d hitung 1 hadits, kalo skrg hanya ada 50rb hadits shahih dgn sanad dan matan yg sama, maka jika d hitung dgn jalur sanad yg berbeda maka sudah ada 500rb hadits, ini baru yg masuk kategori shahih, yg maudhu lbh banyak lg🙂 tw mustahkraj dan mustadrak kan?? lht tuh d dalam’y ada ribuan hadits yg sama matan tp beda sanad…. yuk ngaji lg jgn asal-asal ceplos2 tanpa elmu

  14. maaf ada khilaf bukan “1 matan dgn 10 sanad yg berbeda saja sudah d hitung 1 hadits” harus’y “1 matan dgn 10 sanad yg berbeda saja sudah d hitung 10 hadits”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: