Benarkan Para Ulama Ahlusunnah Mencemooh Seorang Yang Belajar Hadis Dari Imam Ja’far ash Shadiq as.?!

 

Persembahan Untuk Mereka yang Suka Mengaku-ngaku!

Seperti yang selama ini kita kenal bahwa kemunitas Muslim Sunni (ASWAJA) adalah mencintai dan menghormati Ahlulbait, keluarga dan keturunan Nabi saw. bahkan lebih dari itu mereka mengklaim sebagai pewaris sejati ajaran Ahlulbait as. (dan bukan Syi’ah)… Ketika kaum Syi’ah menegaskan bahwa mereka adalah pengikut Ahlulbait as. dan mazhab mereka dinamakan mazhab Ja’fari karena Imam Ja’far-lah yang terbuka kesempatan di masa beliau untuk mewariskan ajaran leluhur beliau para imam suci Ahlulbait as. yang mereka warisi dsari Nabi mulia Muhammad saw…. ketika kaum Syi’ah menyatakan itu… segera teman-teman Ahlusunnah berteriak mengatakan: Bohooong! Syi’ah bukan pengikut Imam Ja’far… bukanpengikut Ahlulbait! Kamilah Ahlusunnah pengikut sejati Imam Ja’far!

Mungkin klain itu benar! Tetapi setiap klaim harus dibuktikan! Dan apabila ternyata tidak mampu dibuktikan, berarti paling tidak perlu diragukan atau bahkan ditolak!

Di bawah ini… dalam kesempatan singkat ini, saya akan menyajikan beberapa bukti bagaimana sebenarnya sikap dan perlakuan ulama Ahlusunnah terhadap Imam Ja’far as.; seorang imam agung dari keturunan Rasulullah saw.

Benarkan mereka berantosias dan bersemangat serta berbangga diri ketika menerima riwayat dari Imam Ja’far as. atau justru mereka menyepelekan, mencemooah dan menghinakan Imam Ja’far dan meragukan keilmuan dan kehandalannya dalam duni periwayatan hadis-hadis kakek beliau Rasulullah saw.?!

Saya tidak ingin mendahului kesimpullan Anda yang cerdas lagi teliti.. saya hanya akan menyajikan data yang dapat menjadi bahan renungan bagi para pencari fakta dan kebanaran!

Silahkan ikuti laporan para ulama Syi’ah sendiri!

Adz Dzahabi dalam kitab Siyar A’lâm an Nubalâ’,6/91:

النسائي حدثنا احمد بن يحيى بن وزير حدثنا الشافعي حدثنا سفيان كنا اذا رأينا طالبا للحديث يغشى ثلاثة ضحكنا منه ربيعة ومحمد بن ابي بكر بن حزم وجعفر بن محمد ، لانهم كانوا لا يتقنون الحديث.

“An Nasa’i menyampaikan  berita dari Ahmad bin Yahya bin Wazîr, ia berkata, Syafi’i, ia berkata, Sufyan: Kami, apabila menyaksikan seorang penuntut hadis mengerumuni tiga orang maka kami menertawakannya, mereka yaitu Rabi’ah, Muhammad bin Abi Bakar bin Hazm dan ja’far bin Muhammad, sebab meerka itu tidak mumpuni dalam ilmu hadis.”

Dan data ini diriwayatkan dengan jalur yang shahih!

Sufyan bin ‘Uyainah Membongkar Sikap Ulama Ahlusunnah!

Seperti telah baca langsung, bagaimana Sufyan membongkar kenyataan sikap para ulama Ahlusunnah terhadap Imam Ja’far ash Shadiq as…. mereka mencemooh dan mengolok-olok seorang ulama hadis yang belajar hadis Nabi saw dari cucu Nabi saw. dan tentunya sikap mengejek-ejek dan menertawakan siapapun yang berrani belajar menimba hadis Nabi saw. dari penghulu dzurriyah/Ahlulbait Nabi saw. di masanya akan membuat para pelajar dan ulama penuntut hadis menjadi ketahukan… mereka akan miki dua kali jika mau belajar dari Imam Ja’far as. sebab akan menjadi bahan tertawaan para ulama Ahlusunnah lainnya!

Dan ini tentunya adalah cara keji para pembenci Ahlulbait Nabi saw. atau yang dikenal dengan sebutkan kaum Nawâshib yang banyak tersebar dan menyelinap mengaku sebagai Ahlusunnah dan karena kelihaian dalam menyembunyikan kenashibian, mereka melebir bersama Ahlusunnah lainhya dan akhirnya sulit dikenali jati diri mereka… kaum Sunni pun menganggapnya sebagai bagian dari jajaran ulama Ahlusunnah…

Apa yang bisa kita banyangkan dari dampak buruk sikap dan politik kotor para ulama Ahlusunnah itu sudah dapat kita bayangkan… Ahlulbait as akan segera terkucilkan dari dunia Ahlusunnah dan Ahlusunnah pun menjadi buta dan tidak kenal Sunnah Nabi dari Ahlulbait Nabi… akhirnya Sunnah Nabi saw. yang mereka terima justru dari musuh-musuh keluarga Nabi saw…. atau paling tidak itu yang dikahawatirkan banyak pihak!

Kenyataan itu semakin menjadi gamblang di mata pencari kebenaran setelah mengetahui bahwa Bukhari (imam Ahli Hadis nomer wahid Ahlusunnah) tidak sudi meriwayatkan barang satu hadis pun dari Imam Ja’far ash Shadiq as.

Adapun tuduhan si Sufyan binn ‘Uyainah bahwa Imam Ja’far ash Shadiq as tidak mumpuni dalam ilmun dan periwayatan hadis Nabi saw. maka saya tidak akan tanggapi apapun tentangnya.. saya hanya sarankan Pak Sufyan untuk belajar beristinjak sebab kenyataannya dalam sejarahnya ia tidak pandai bercebok!

Ibnu Jakfari:

Di sini, dari forum terhormat ini saya umumkan, apabila ada teman-teman Sunni apalagi Sunni yang plus Salafi mampu menemukan satu hadis dalam Shahih Bukhari dari riwayat Imam Ja’far ash Shadiq maka saya segera pensiaun jadi Ibnu Jakfari… dan bloq ini saya tutup… saya akan siap menjadi sopir angkot jurusan Bagor-Puncak untuk mengantar para wisatawan Arab Saudi yang bermazhab Wahhabi mau berzina di Puncak!

Benar sekali! Tidak ada yang sanggup menimba ilmu dari Imam Ja’far as. dan menanggung semua hinaan dan ejekan itu melainkan kaum Syi’ah yang telah menjual diri dan harta mereka hanya untuk Allah dan rasulu-Nya dan demi kecintaan mereka kepada keluarga suci Nabi saw, … bukan kepada kaumm munafik!

 

26 Tanggapan

  1. Kang jakfar.. Ane mau ketawa baca 2 alinea terakhir.. Btw, bukannya Imam Nasai dalam periwayat diatas dikenal sbg imam hadits yg mencintai ahlul bait nabi?

    Bahkan an-nasai dikenal mengarang kitab manaqib imam Ali..

    Pls adviced..

    Ibnu Jakfari:

    Ketika meriwayatkan sikap Sufyan tidak berarti beliau setuju dengan sikap itu!

  2. Kang jakfar,

    Menurut pemahaman saya yg cetek, imam nasai, imam syafii dan sufyan bin uyainah Adalah tsiqot. Saya sepakat dg kesimpulan anda bahwa jalur periwayatan hadits diatas tsiqot.

    Khusus sufyan bin uyainah, sejauh yg saya tahu beliau dikenal sbg sufi, wali. Saya hampir tdk percya jika seorang wali mau dan mampu menghina ulama lainnya terlebih kpd Imam jakfar yg mulia.

    Walaupun demikian saya memilih tdk percaya riwayat diatas karena faktor adz-dzahabi karena dzahabi sangat terkenal membenci ahlul bait..

  3. pasti yang bersikap sepertim itu orang yang hatinya berpenyakit! bagaimana tidak… semua umat Islam sangat hormat kepada Ja’far ash Shadiq, baik mereka mengakuinya sebagai imam maupun tidak mengakuinya….

  4. kang salafy is dead… apa bener sufyan bin uyainah itu tokoh sufi?
    kang mas cantumkan alasan kamu knp sih kamu tolak riwayat diatas? biar ilmiah kang mas

  5. kalau dipikir-pikir ya ada benarnya juga apa yang ustasz jakfari beberkan di sini… buktinya aja ya… imam malik dalam muwatha’nya tidak pernah meriwayatkan dari imam Ja’far padahal ia hidup sezaman dengan beliau dan di satu kota. Aneh kan?! juga imam Bukhari, tidak mau meriwayatkan dari Imam Ja’far! alhasil riwayat-riwayat dari beliau jarang ditemukan dalam kitab-kitab ulama Ahlu Sunnah… jadi mungkin itu sebabnya!

  6. yang ngaku-ngaku cinta ahlilbait itu cuma untuk cari pengikut, kalau benar-benar cinta ya sudah semestinya banyak mengambil ilmu dengan yg dicintai

  7. waduh kok separah itu ya Salaf mereka itu?
    makanya yang sekarang juga alergi dengan hadis-hadis Ahlul Bait as.
    baru tau kalau itu penyakit turunan!

  8. untuk info pencerahan bagi antumsemua….para ahli hadist juga meriwayatkan dari Imam Ja’far As-Sidik as, berikut datanya: Imam Muslim kurang lebih 17 hadist, Imam Abu Daud +- 11 hadist, Imam Tirmidzi +- 20 hadist , Imam Nasai +- 44 hadist, Imam Ahmad +- 36 hadist, Imam malik +- 14 hadist ( sanggahan untuk yang mengatakan beliau tidak meriwayatkan dari Imam Ja’far AS) dan Imam Darimi 8 Hadist.
    Pesan kami: dalam berkomentar dan berpendapat pakailah kata kata yang santun , karena itu sunnah.

  9. satu info lagi untuk antum, memang Imam Bukhari tidak meriwayatkan hadist dari jalur Imam Ja’far, namun beliau meriwayatkan hadist dari jalur abahnya Imam Ja’far , yakni muhammad bin ali bin husain bin Ali bin Abi thalib. silahkan dilihat diantaranya…HR Bukhari no : 5096 tentang pelarangan makan daging keledai.
    no 5099 tentang pelarangan makan daging keledai.
    no 6098 tentang kejadian di telaga Nabi shollallohu’alaihi wasallam.
    no 6577 tentang kisah harmalah.
    no 4032 tentang kisah Jabir bin Abdullah.
    semoga bermanfaat, dan dibalik sunnah ada kejayaan dan kemenangan…
    Wassalamu ‘ala manit tabaa Huda

    Ibnu Jakfari:

    Apa yang anda katakan itu benar… tetapi apa yang saya katakan benar kan bahwa Bukhari tidak meriwayatkan dari Imam Ja’far as.?
    Selain itu sangat aneh sikap Bukhari itu ketika dia meriwayatkan hadis-hadis dari ayah Imam Ja’far as. tetapi tidak melalui anaknya sementara Imam Ja’far as, lebih mengerti hadis-hadis riwqayat ayahnya di banding selainnya!!
    Selain itu coba Anda perhatikan jalur yang menyambungkan kepada ayah-ayah Imam Ja’far as. Anda akan menemukan nama-nama orang-orang yang mencurigakan ketulusannya kepada keluarga Nabi sepertti Miswar bin makhromah, atau yang dikenal loyalitasnya kepada penguasa tiran banu Umayyah seperti az Zuhri!

    • Dari 100,000 hadist bukhari cuma bawa 100 Dari ahlulbayt, biar asal Ada aja. Biar nggak ketahuan nashibi nya…….

  10. banyak yang dilupakan dalam unsur agama yakni ada 3 tauhid syariah dan akhlak banyak orang pintar tapi tidak punya adab atau akhlak sehingga ilmunya menjadi mubadzir dan percuma.. ilmu ibarat garam adab ibarat tepungnya kalo garam kebanyakan dari tepung makanan menjadi serasa racun wallohu a’lam

  11. Msh ada arab wahabi berzina ke puncak ? Ngeri….

  12. Allahummasholi’alaMuhammad wa’aaliMuhammad.

    dari semua itu sudah kelihatan kok bedanya, Kita Ahlul bait selalu menggunakan akal untuk berfikir, sedang mereka yg mengaku2, malah meninggalkan akal dalam berfikir.

  13. kesimpulannya:
    ndak perlu berpikir keras akan masalah ini….it’s a simple matter dont make complicated !….3 kata utk hadis suni yg ngaku pecinta Ahlulbyat Nabi Saw: Aneh…aneh….banyak Anehnya.

  14. Dusta anda keterlaluan…smg ALLAH mengampuni kita semua.imam syafii adalah orang sunni yg ajaranya banyak di ikuti habieb yang note bene keturunan baginda.kami semua memuliakan keluarga ahlu bait.islam di sebarkan juga oleh para wali songgo yg bermazhab ahlu bait(ahlusunah wal jamaah)bukan syiah…apakah otak anda masih waras kalau menyatakan ilmu anda lebih tinggi dr para wali yg note bene keturunan ahlu bait.mulailah jd supir angkot dan belajar islam dr para habib langsung…insya ALLAH mereka tidak sesat dan menyesatkan

  15. klo anda berfikiran klo ahlul baitlah yg perlu di percaya… mengapa cucu2 rasul bahkan anak rasul memberi nama anak mereka Abu bakar,usman dan umar. bukan kah menurut kalian sahabat nabi tersebut adalah kafir. fakta yg saya sebutkan di atas berasal dari kitab kaum syah.

  16. Salam.
    Mohon penjelasan dari Penulis ttg tulisannya bhw Sufyan bin Uyainah dalam sejarahnya tidak pandai beristinja’. Apa maksud pernyataan tsb? Apa bukti dari pernyataan itu? Ataukah keterangan tsb bermakna kiasan & apa makna kiasannya? Mohon penjelasan.

  17. afwan ustaz saya sdh cari dan cek halaman yang ustaz sbtkan koq g ada?

  18. org arab yg di puncak itu bukan zinah tapi mut’ah zuwat pake cara org2 syi’ah

  19. Anda mengaku pecinta ahlul bait,tp anda menghina dan mencaci maki Say Abu Bakar,sayd Umar dan Sayd Usman ( ini dpt dilhat dr artikel di blog ini ). Wahai anda2 yg mengaku bermazhabkan Ahlul Bait bisa anda tunjukkan 12 imam Ahlul Bait itu ada mencaci maki dan merendahkan ketiga sahabat tersbt di atas ?

  20. Dan kpd anda2 yang mengaku mazhab Ahlul Bait anda blg Imam Bukhari tdk ada mengambil hadits dr Ahlul Bait ? Sdh dijelaskan oleh sdr Nahl Muslim,tp anda bertaqiyah spt Wahabi. Hny mencari kesalahan saja. Kalian jgn memalukan Mazhab Syiah.Rahbar dan ulama kln sdh berfatwa agar jgn mencaci maki dan merendahkan istri,sahabat Abu Bakar,Umar dan Usman. Saya heran kln sm ulama anda sj tak mematuhi fatwa mrk ? Brti kln ini sdh pembangkang spt wahabi. Jgn2 blog ini dibuat utk propaganda untuk membenturkan sunni dan syiah. Sdh cukup dusta kln di blog ini mengatas namakan Imam Ahlul bait. Tunjukkn bukti 12 imam Ahlil bait itu mencaci maki dan merendahkan ketiga khulfaur rasyidin ! Kln jawablah pendusta !

  21. […] Benarkan Para Ulama Ahlusunnah Mencemooh Seorang Yang Belajar Hadis Dari Imam Ja’far ash Shadiq as… […]

  22. […] Benarkan Para Ulama Ahlusunnah Mencemooh Seorang Yang Belajar Hadis Dari Imam Ja’far ash Shadiq as… […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: